Tiga SMP Swasta Gulung Tikar

Tiga SMP Swasta Gulung Tikar

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 13:33
share

SERANG , iNewsBanten - Tiga sekolah menengah pertama (SMP) swasta di Kabupaten Serang tutup alias gulung tikar lantaran kekurangan siswa.

Ketiga sekolah yaitu SMP PGRI Bojonegara, SMP Kiragil Bojonegara, dan SMP Nurul Hidayah Cikeusal.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Aat Supriyadi mengatakan, adanya sekolah swasta yang tutup lantaran kekuranganbsiswa.

Jumlah siswa sangat jauh dari daya tampung sekolah, makanya ada tiga sekolah swasta yang tutup, SMP PGRI Bojonegara itu sudah mengirim pengajuanvpenutupan sekolah ke dinas, kata Aat Senin (8/8).

Dijelaskan Aat, SMP Kiragil Bojonegara tutup sejak tahun 2021. Sedangkan SMPbPGRI Bojonegara dan SMP Nurul Hidayah tutup pada tahun 2022.

Kekurangan siswa, lanjut Aat, tak hanya dialami sekolah swasta. Bahkan dialami juga oleh 26 sekolah negeri di Kabupaten Serang. Contohnya di SMPN 4 Cikeusal,dari kuota tiga rombongan belajar atau kelas dengan 94 siswa, yang terisi hanya satu kelas, jelasnya.

Kata Aat, hanya ada tiga sekolah di tiga kecamatan yang daya tampungnya nyaris terpenuhi yakni SMPN Kramatwatu 3 karena banyak siswa dari Cilegon, SMPN Cikande1 yang banyak siswa dari Kabupaten Tangerang, dan SMPN Ciruas 1 banyak juga menerima siswa dari Kota Serang.

Aat mengatakan, jumlah SMP negeri di Kabupaten Serang sudah mencukupi yakni sebanyak 92 sekolah. Sedangkan sekolah swasta jumlahnya 113. Lulusan SD di angka 15 ribuan, sedangkan kuota siswa baru di SMP negeri sebanyak 22.944 siswa. Selebihnya ke MTS dan pondok pesantren, katanya.

Kasi Kurikulum SMP Yayan Karyana menambahkan, banyaknya siswa yang ma suk ke sekolah negeri turut mempengaruhi sedikitnya siswa di sekolah swasta.

Menurutnya, sistem zonasi yang diterpakan pemerintah untuk mengatur pemerataan siswa didik di sekolah.

Sebenarnya zonasi itu sangat memudahkan siswa, tapi memang saat ini jumlah siswa berkurang, pungkasnya.

Topik Menarik