Menteri PUPR Targetkan Tol Serang Panimbang Rampung 2024, Jakarta-Tanjung Lesung Bisa 2 Jam

Menteri PUPR Targetkan Tol Serang Panimbang Rampung 2024, Jakarta-Tanjung Lesung Bisa 2 Jam

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 10:33
share

IDXChannel - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono baru saja melaksanakan ground breaking pembangunan jalan tol Serang Panimbang seksi 3. Pembangunan tol tersebut nantinya bisa memangkas jarak tempuh Jakarta - Tanjung Lesung.

"Sekarang kita groundbreaking bagian pemerintah dengan anggaran Rp4,6 triliun akan kita selesaikan pada kuartal pertama 2024 untuk mendukung destinasi wisata Tanjung Lesung," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, Senin (8/8/2022).

Menteri Basuki menjelaskan dengan penyelesaian seksi 2 dan 3 ruas tol Serang - Panimbang, yang targetnya rampung tahun 2024 bakal memangkas waktu tempuh Jakarta - Tanjung lesung.

Jika sebelumnya membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 - 5 jam, nantinya hanya menjadi sekitar 2 - 3 jam. Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi Cileles - Panimbang akan diikuti dengan pembangunan 18 jembatan, 3 underpass, dan 11 overpass.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Serang - Panimbang membentang sepanjang 83,7 km terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang Rangkasbitung sepanjang 26,50 km telah beroperasi sejak Desember 2021, dilanjutkan dengan Seksi 2 Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24 km dengan progres konstruksi 31,20%, dan Seksi 3 Cileles - Panimbang sepanjang 33 km.

Jalan Tol Serang-Panimbang akan melintasi beberapa kabupaten di Provinsi Banten seperti Serang, Lebak, dan Pandeglang yang diharapkan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan Tol Jakarta - Merak.

Selain itu kehadiran tol Serang - Panimbang juga bakal mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya, seperti Kawasan Ste Pariwisata Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Bertindak selaku kontraktor lokal dalam pembangunan jalan tol Serang Panimbang seksi yaitu PT. Wijaya Karya dan PT. Adhi Karya.

(FRI)

Topik Menarik