KPU Belum Temukan Kendala Tahapan Verifikasi Administrasi Parpol

KPU Belum Temukan Kendala Tahapan Verifikasi Administrasi Parpol

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 17:52
share

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy\'ari memastikan, pihaknya belum menemukan kendala yang berarti dalam proses verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"Enggak ada kendala. Kalau hasil temuannya kan nanti tim verifikator nanti disampaikan pada rapat pleno," kata Hasyim di Jakarta, Minggu (7/8/2022).

Nantinya, kata dia, dalam rapat pleno tersebut, KPU akan kembali mempelajari satu persatu partai politik yang telah diverifikasi administrasi. Hal ini penting untuk memastikan keabsahan dari tahapan tersebut.

"Kalau ditemukan belum benar, nanti kita sampaikan pada parpol untuk melakukan perbaikan karena ada kesempatan untuk perbaikan, ujarnya.

Hasyim tak menampik, salah satu yang akan diperiksa kembali keabsahannya itu terkait dengan data ganda dari keanggotaan parpol. Dalam pemeriksaan ini, KPU menggunakan basis data dari Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Nanti kalau soal identitasnya ada yang PNS, ASN, pekerjaan-pekerjaan yang enggak boleh jadi anggota partai itu kan ketahuan dari KTP. Dari situ kita minta ke teman-teman dari sini dikirim ke KPU Provinsi dan akan mengklarifikasi ke nama-nama tersebut kabupaten dan kota, pungkasnya.

Topik Menarik