Mau Jadi Pengusaha Bisnis Minuman? Ini Gaes Caranya!

Mau Jadi Pengusaha Bisnis Minuman? Ini Gaes Caranya!

Gaya Hidup | netralnews.com | Minggu, 7 Agustus 2022 - 15:41
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Udah bosen kerja kantoran bro? Atau lagi cari kegiatan untuk orang tua yang akan pensiun? Nggak usah galau, coba aja buka usaha melalui bisnis minuman!

Kalau tertarik, bisa ikut pelatihannya di Forest Innovation Center yang ada di Jakarta. Forest rupanya tidak hanya sebagai produsen powder dan syrup untuk minuman saja, melainkan sudah berkembang menjadi pusat pelatihan dan pembinaan untuk mereka yang mau memulai bisnis minuman.

"Logo Forest itu seperti daun, seperti hutan yang banyak dedaunannya, kami ingin Forest menjadi sumber kehidupan bagi karyawan dan masyarakat dan pelaku bisnis minuman. Bentuk logonya juga seperti merangkul, jadi kami merangkul semua \'pemain\' di bisnis minuman, mulai dari hulu sampai hilir," ujar CEO dan Co-Founder Forest Muadzin F. Jihad, Sabtu (6/8/2022).

Pernyataan itu disampaikan Muadzin kepada Netralnews, di sela acara Indonesia Internasional Outdoor Festival (IIOutfest). Acara digelar di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada 4-7 Agustus 2022.

Lebih lanjut dijelaskan Muadzin, di Forest Innovation Center tersedia juga bar dan studio podcast untuk memberikan edukasi dan pelatihan pada pelanggan. Diantaranya, edukasi seputar bagaimana cara mau membuka bisnis, menghitung modal awal, membahas soal menu, bahan dan cara membuat minuman. "Itu ada pelatihannya di tempat kita," sambung Muadzin.

Apabila tertarik, kamu bisa mengunjungi media sosial Forest dan mendaftar untuk mengikuti pelatihannya. Forest bahkan telah bekerjasama dengan institusi dan karyawan calon pensiunan dari sebuah perusahaan ternama. Pelatihan dilakukan agar para karyawan siap pensiun dan bisa membuka bisnis minuman yang menguntungkan.

Menurut Muadzin, bermunculannya bisnis minuman kopi, boba dan usaha minuman lainnya bukan jadi penghalang untuk membangun usaha di bidang minuman. Justru bila ada persaingan, itu menjadi tanda bahwa bisnis di dunia minuman terus bertumbuh.

"Setiap tahun, bisnis Food and Beverage (F&B) naik 5 persen setiap tahun, bahkan di kala pandemi terus berkembang. Data terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, sekitar Rp 200 Triliun dihasilkan dari bisnis makanan dan minuman. Sekitar 20 persennya atau Rp 40 Triliun potensinya. Sekarang berarti lebih besar lagi," jelas Muadzin.

Apalagi kita tahu bahwa makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia. Setiap orang makan juga pasti membutuhkan minuman. Banyak juga unicon yang bermunculan dari dunia F&B. "Jadi potensinya (bisnis minuman) besar banget," sambung dia.

Bagi Muadzin, minuman juga bisa jadi bisnis yang menjanjikan bagi semua kalangan. Alasannya, modal tidak besar, memulainya mudah, cara membuat menunya juga tidak sulit dan kalaupun tidak untung, kerugiannya juga rendah.

"Kalau tertarik, bisa belajar di Forest Innovation Center. Pelatihannya cukup sehari, sekitar 4-5 jam. Kami bekerjasama dengan beberapa narasumber, institusi, dan tidak hanya bahas minumannya saja, tetapi juga finance, marketing, selling, jadi semua bidang bisnis kita siapkan," ujar dia.


Forest Launching Syrup

Pada 6 Agustus 2022, di ajang IIOutfest, Forest baru saja meluncurkan produk sirup dengan 16 varian rasa. Diantaranya adalah hazelnut, vanilla, caramel, tiramisu, mint, curacao, peach, kiwi, mango, strawberry, apple, passion fruit, pandan, lemon, sakura dan leci.

Nggak usah khawatir, produk Forest sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (BPOM) dan terdaftar di Badan Pengawasan, Obat dan Makanan (BPOM). Harganya juga terjangkau, yakni Rp 89 Ribu saja dan lebih hemat daripada produk serupa lain di pasaran, serta berkualitas.

Selain meluncurkan sirup, Forest juga menyelenggarakan rangkaian acara seru lho. Beberapa diantaranya adalah kompetisi latte art, manual brew dan mocktail bar take over oleh barista, roaster dan beverage creator Nizam.

"Rangkaian acara ini merangkul para barista, pelaku usaha coffee shop, komunitas yang bervariasi dan pengusaha minuman. Kami memperkenalkan produk langsung ke pemakai dan para barista, yang selanjutnya bisa share ke owner cafe mereka" kata dia.

Bagi yang mau coba, Forest juga menyediakan paket sampel, ukuran 100ml, terdiri dari 5 botol dengan varian berbeda. Bagi para klien juga bisa meminta memesan varian rasa lain sesuai kebutuhan.


Topik Menarik