Keren! Siswa Indonesia Juara Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022

Keren! Siswa Indonesia Juara Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 18:52
share

JAKARTA, celebrities.id - Siswa SMA Saint Peter Kelapa Gading Jakarta, Wilbert Thamrin, berhasil menang juara kedua Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022.

Pencapaian ini dia dapatkan setelah berjuang melawan Covid-19. Bahkan, menurut informasi yang beredar, Wibert Thamrin baru dinyatakan negatif Covid-19 sehari sebelum kompetisi dimulai.

Gegara itu, remaja 16 tahun tersebut harus menjalani isolasi mandiri di hotel dan ketinggalan beberapa rangkaian workshop persiapan menjelang perlombaan, termasuk tidak mendapat kelompok untuk kompetisi bagian presentasi.

"Presentasi di Olimpiade Bahasa Jerman Internasional dilakukan secara berkelompok, tiga sampai empat orang selama 7-10 menit, tetapi karena aku tidak kebagian kelompok, aku harus presentasi sendirian selama sekitar 10 menit," kata Wilbert, melalui keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Sabtu (6/8/2022).

Di presentasi tersebut, Wilbert mengangkat tema \'Masa Depan\' yang fokus kepada gambaran kota-kota dari berbagai negara yang terancam tenggelam, termasuk potret keadaan di Jakarta.

Wilbert menjelaskan, sekalipun dia tidak mengikuti rangkaian workshop Olimpiade Bahasa Jerman Internasional, tapi dia tetap merasa siap.

Hal ini karena sebelumnya, siswa kelas XII tersebut sudah mengikuti kursus tiga Minggu di Goethe-Institut Hamburg, serta kelas persiapan selama lima hari di Goethe-Institut Jakarta sebelum bertolak ke Jerman.

Wilbert sendiri mengikuti Olimpiade Bahasa Jerman Internasional 2022 pada level bahasa B2 (tingkat lanjut) yang digelar di Hamburg, Jerman, pada 25 Juli hingga 5 Agustus 2022.

Juara pertama pada level ini diperoleh Teodora Smntanc-Strugariu (Romnia) dan di peringkat ketiga ada Tekla Mkheidze (Georgia).

Sebelumnya, Wilbert dinobatkan sebagai juara pertama Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2022 yang diselenggarakan Goethe-Institut Indonesien pada 24-25 Januari 2022 secara daring.

Selain Wilbert, Condoleezza Gnade Tanabi (SMA Negeri 28 Jakarta) yang terpilih sebagai juara kedua Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2022, juga turut berlomba di Olimpiade Bahasa Jerman Internasional tahun ini dalam level B1.

Selama mengikuti olimpiade di Hamburg, menurut informasi yang diperoleh baik Wilbert maupun Condoleezza didampingi guru bahasa Jerman dari SMA Negeri 28 Jakarta, yaitu Sugiarti Sugeng Budiono.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Goethe-Institut Johannes Ebert mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang tahun ini pihaknya berkesempatan untuk bertemu secara langsung dan berdialog dengan pemuda dari seluruh dunia.

"Ini adalah cara kami membuat dampak dengan berbagi momen-momen kepercayaan diri, keramahan, dan komunitas di masa-masa sulit. Pertemuan ini bisa menciptakan kepercayaan pribadi, hubungan, dan persahabatan lintas batas yang merupakan salah satu kontribusi penting untuk masa depan," kata Johannes Ebert.

Topik Menarik