Penyebarannya Semakin Meluas, Waspadai 5 Gejala Monkeypox

Penyebarannya Semakin Meluas, Waspadai 5 Gejala Monkeypox

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 13:32
share

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Angka penyebaran kasus monkeypox yang tengah naik tentunya perlu diwaspadai. Terdapat beberapa gejala yang harus diwaspadai menjadi indikasi cacar monyet.

Ketua Satgas Monkeypox PB Ikatan Dokter Indinesia (IDI), dr. Hanny Nilasari Sp,KK menjelaskan bahwa setidaknya ada lima gejala mokeypox yang paling sering dialami pasien, diantaranya adalah sakit kepala dan demam.

Gejala yang paling banyak dikeluhkan pasien monkeypox, adalah demam, sakit kepala, sakit tenggorokan maupun infeksi kulit seperti luka atau ruam, Terang dr. Hanny dalam Media Group Interview, Jumat (5/8).

Hanny menambahkan penderita Monkeypox dengan gejala berat bisa sampai mengalami demam dan ruam disekujur tubuh. Sedangkan gejala ringan sendiri biasanya hanya memulnculkan luka di beberapa titik lengan, telapak tangan maupun kaki.

Dalam prescon kemenkes hanya menjelaskan gambaran singkat bagaimana kita dapat mengidentifikasi dugaan monkeypox melalu 5 tanda sederhana tadi. Cirinya diperkuat dengan kondisi parah ketika terjadi ruam di seluruh tubuh, tambahnya.

Dirinya menjelaskan, penderita dengan gejala ringan hanya memiliki gejala ringan seperti ruam di beberapa titik. Biasanya kondisi tersebut dilihat dokter lebih lanjut apakah memiliki kemiripan dengan gejala lain ataupun dugaan monkeypox.

Sejauh ini, Indonesia belum memiliki catatan kasus positif Monkeypox. Sehingga masyarakat diharapkan tetap tenang sembari tetap menjaga protokol kesehatan.

(Mg - Awal).

Topik Menarik