Rusia Siap Bahas Pertukaran Tahanan dengan AS

Rusia Siap Bahas Pertukaran Tahanan dengan AS

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 08:31
share

MOSKOW Rusia mengaku siap untuk membahas pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat (AS), Jumat (5/8/2022). Pengakuan ini muncul satu hari setelah bintang WNBA Brittney Griner dijatuhi hukuman 9 tahun penjara oleh pengadilan Rusia karena pelanggaran narkoba.

Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov mengatakan, Moskow siap untuk membahas topik ini, tetapi hanya dalam kerangka saluran diplomatik yang menurutnya telah disepakati sebelumnya oleh Presiden Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca: Gedung Putih Desak Rusia Terima Proposal Pertukaran Tahanan

Ada saluran khusus yang telah disetujui oleh presiden, dan tidak peduli apa yang dikatakan orang di depan umum, saluran ini tetap relevan, katanya pada konferensi pers di pertemuan dengan perwakilan ASEAN, seperti dikutip dari CNBC.

Lavrov memperingatkan AS agar tidak melakukan "diplomasi publik" dan membuat "pengumuman keras" tentang masalah ini, menunjukkan itu dapat membahayakan upaya berisiko tinggi untuk mengamankan pertukaran.

"Jika Amerika memutuskan untuk menggunakan diplomasi publik lagi dan membuat pengumuman keras, ini adalah urusan mereka, masalah mereka," lanjut Lavrov.

Sementara itu, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby mengatakan bahwa AS telah membuat "usulan serius" untuk pertukaran tahanan dan mendesak Rusia untuk "menerimanya."

Baca: AS Tawarkan Pertukaran Tahanan kepada Rusia

Mereka seharusnya menerimanya beberapa minggu lalu, ketika kami pertama kali membuatnya, kata Kirby. Ditanya apakah Washington dianggap sebagai tawaran balasan dari Rusia, dia berkata: "Saya tidak berpikir kita melangkah sejauh itu, bahkan menyebutnya sebagai tawaran balasan."

Sedangkan Biden mengatakan pada Jumat, bahwa dia berharap, tentang Griner. "Kami bekerja keras," katanya kepada wartawan di Gedung Putih setelah penandatanganan RUU. Menurut Biden, pemerintahannya akan bekerja tanpa lelah dan mengejar setiap jalan yang mungkin untuk membawa pulang Griner dan Paul Whelan, yang menjalani hukuman 16 tahun karena spionase.

AS telah mengusulkan agar Moskow melepaskan pasangan itu sebagai imbalan atas terpidana pedagang senjata Rusia Viktor Bout, menurut dua sumber yang mengetahui masalah tersebut. Tetapi, Rusia tidak menunjukkan tanda-tanda menerima tawaran itu, dan mengecam keputusan Washington untuk mempublikasikannya dalam upaya meningkatkan tekanan untuk kesepakatan.

Griner dijatuhi hukuman 9 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas kepemilikan narkoba dan penyelundupan. Dia juga harus membayar denda 1 juta rubel (USD 16.590), tetapi dapat mengajukan banding atas putusan tersebut.

Baca: Biden Tak Terima Rusia Hukum Atlet AS 9 Tahun Penjara karena Narkoba

Bintang bola basket itu ditahan di Bandara Sheremetyevo Moskow pada Februari setelah pihak berwenang Rusia mengatakan mereka menemukan tabung vape berisi minyak ganja di bagasinya.

Griner, center WNBA Phoenix Mercury yang telah bermain di Rusia selama tujuh tahun terakhir di musim dingin, mengakui tabung itu miliknya. Namun, dia mengatakan bahwa dia telah membawanya ke Rusia secara tidak sengaja setelah mengemasi barang bawaannya dengan tergesa-gesa.

(esn)

Topik Menarik