5 Makanan Ini Ternyata Mengandung Kadar Gula Tinggi

5 Makanan Ini Ternyata Mengandung Kadar Gula Tinggi

Gaya Hidup | yesdok.com | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 15:10
share

Mengkonsumsi makananan dengan kadar gula tinggi dapat secara signifikan membahayakan kesehatan Anda. Melakukan hal itu telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan agar wanita membatasi asupan gula tambahan mereka hingga 6 sendok teh (25 gram) per hari, sementara pria harus membatasi asupannya hingga 9 sendok teh (37,5 gram).

Berikut ini adalah 5 makanan dengan kadar gula tinggi, yang mungkin tidak Anda sadari ketika mengkonsumsinya.

1. Jus buah

Seperti buah utuh, jus buah mengandung beberapa vitamin dan mineral. Namun, ketika memilih jus buah, pilihlah yang berlabel 100% jus buah, karena ada juga varian yang mengandung lebih banyak gula dibanding buahnya.

Kandungan gula dalam jus buah yang dimaniskan sama banyaknya dengan minuman manis seperti cola. Pilih buah utuh atau jus buah 100% jika memungkinkan, dan minimalkan asupan jus buah yang dimaniskan dengan gula.

2. Minuman olahraga atau sports drink

Minuman olahraga sering disalahartikan sebagai pilihan sehat bagi mereka yang berolahraga. Namun, minuman olahraga dirancang untuk menghidrasi dan memicu atlet terlatih selama periode latihan yang lama dan intens.

Untuk alasan ini, mereka mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi yang dapat dengan cepat diserap dan digunakan untuk energi.

Faktanya, sebotol minuman olahraga standar 20 ons (591 mL) mengandung 32,5 gram gula tambahan dan 161 kalori. Ini setara dengan 9 sendok teh gula. Karenanya minuman olahraga dikategorikan sebagai minuman manis.

Seperti soda dan jus buah yang dimaniskan dengan gula, mereka juga dikaitkan dengan obesitas dan penyakit metabolik.

3. Susu coklat

Susu coklat adalah susu yang telah ditambahkan dengan kakao dan dimaniskan dengan gula. Susu sendiri merupakan minuman yang sangat bergizi. Ini adalah sumber nutrisi yang kaya yang bagus untuk kesehatan tulang, termasuk kalsium dan protein.

Namun, meskipun memiliki semua kualitas susu yang bergizi, 1 cangkir (250 gram) susu coklat biasanya mengandung hampir 12 gram (2,9 sendok teh) gula tambahan.

4. Es teh

Es teh biasanya dimaniskan dengan gula, walaupun takarannya berbeda-beda dan sesuai selera. Kebanyakan teh es yang dijual secara komersial akan mengandung sekitar 35 gram gula per porsi 12 ons (340 mL). Ini hampir sama dengan sebotol cola .

Jika Anda suka teh, pilih teh biasa atau pilih es teh yang tidak mengandung gula untuk mencegah kadar gula Anda melonjak.

5. Buah kalengan

Semua buah mengandung gula alami. Namun, beberapa buah kalengan dikupas dan diawetkan dalam sirup manis. Pemrosesan ini menambahkan banyak gula yang tidak perlu ke makanan yang seharusnya menjadi camilan sehat.

Proses pengalengan juga dapat menghancurkan vitamin C yang peka terhadap panas, meskipun sebagian besar nutrisi lainnya terpelihara dengan baik.

Buah segar utuh adalah yang terbaik. Jika Anda ingin makan buah kalengan, carilah yang diawetkan dalam jus daripada sirup. Jus memiliki kandungan gula yang sedikit lebih rendah.

Topik Menarik