Wapres Ma'ruf: Islam Agama yang Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan

Wapres Ma'ruf: Islam Agama yang Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 19:32
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden Ma\'ruf Amin menegaskan Islam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Ma\'ruf menyebut Alquran menerangkan kedudukan semua manusia apa pun suku dan bangsanya adalah setara.

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, sehingga Islam sejak awal kedatangannya telah menjelma sebagai peradaban, kata Wapres pada Islamic Book Fair 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Ma\'ruf mengungkapkan umat manusia memiliki kedudukan yang sangat tinggi yakni sebagai khalifah atau pemimpin bumi selama memiliki perilaku baik dan melahirkan hal-hal positif untuk membangun peradaban.

Tetapi ketika manusia itu tidak memiliki perilaku yang baik dan konstruktif, maka manusia itu kemudian kedudukannya menjadi makhluk yang paling rendah, kata Ma\'ruf.

Menurut Ma\'ruf, dalam membangun harmoni dan kerukunan di Indonesia, umat Islam mengembangkan prinsip tri ukhuwwah (persaudaraan). Yakni ukhuwwah islamiyyah (persaudaraan dalam agama Islam), ukhuwwah wathaniyyah (persaudaraan kebangsaan), dan ukhuwwah insniyyah (persaudaraan kemanusiaan).

Wapres mengharapkan penyelenggaraan Islamic Book Fair tahun 2022 ini dapat menyajikan pandangan-pandangan para ulama yang berpikiran moderat.

Dan juga memberikan warna kehidupan masyarakat Indonesia dan menggambarkan peradaban Islam dan kemanusiaan, khususnya di Indonesia secara jelas dan terang, katanya.

Topik Menarik