Loading...
Loading…
Membludaknya Kasus Covid-19 dan Angka Kematian Jadi Alarm Pemerintah

Membludaknya Kasus Covid-19 dan Angka Kematian Jadi Alarm Pemerintah

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | IDX Channel | Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:11

IDXChannel - Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati memperingatkan pemerintah agar mewaspadai kenaikan kasus Covid-19 termasuk jumlah kematian yang terus meningkat.

Alarm tersebut menjadi peringatan agar masyarakat kembali disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, vaksinasi booster serta mengikuti pola hidup sehat.

"Kita harus terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan vaksin booster yang capaiannya masih rendah. Juga pola hidup sehat harus jadi perhatian masyarakat," ujar Kurniasih, Jumat (5/8/2022).

Politisi PKS ini menyebut, beberapa indikator penanganan Covid-19 juga harus kembali diperkuat seperti tes dan tracing. Status pandemi yang masih berlaku mengharuskan tindakan tes dan tracing tidak boleh kendor.

Kurniasih juga mengingatkan pekerjaan rumah besar memang ada di capaian vaksinasi booster yang seperti terhenti di angka 26-27 persen dari target dengan menambahkan yang lambat.

Ia meminta program booster harus digesa melihat tren kenaikan kasus, tetap dengan cara persuasif. Penyediaan vaksin halal menjadi salah satu solusi percepatan capaian vaksin booster

"Sentra-sentra vaksinasi perlu lagi digelar mungkin bertepatan dengan momentum perayaan 17 Agustus bisa menggelar sentra vaksinasi booster secara mobile dengan mendatangi aktivitas masyarakat," kata Kurniasih.

Ia juga meminta semua persiapan kebutuhan penanganan Covid-19 dari hulu ke hilir tetap siaga. Termasuk ketersediaan beberapa jenis obat Covid-19 yang sudah diakui dan mendapat izin edar oleh BPOM.

"Termasuk bisa menggunakan vaksin karya anak bangsa untuk booster, kesiapan bed perawatan, tenaga kesehatan dan lainnya," kata Kurniasih.

Kurniasih meyakini tren kembali naiknya kasus Covid-19 yang disinyalir karena sub varian Omicron BA.4 dan BA.5 bisa ditekan dengan kebersamaan masyarakat memperkuat imunitas.

"Perkuat imunitas dan kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan terbukti berguna bagi kesehatan tubuh bukan hanya untuk antisipasi Covid-19 namun juga pencegahan bagi bibit penyakit lainnya," tambah Kurniasih.

Sebagaimana diketahui, angka kematian akibat Covid-19 menyentuh angka tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Pada 4 Agustus 2022, sebanyak 24 pasien Covid-19 di Indonesia. Selama tiga bulan terakhir angka kematian akibat Covid-19 selalu di bawah 20.

Kasus konfirmasi positif Covid-19 juga meningkat 1.809 dalam satu hari. Pada 3 Agustus, tercatat jumlah konfirmasi Covid-19 sebanyak 6.167 naik dari penambahan harian 5.827 pada sehari sebelumnya.

(DES)

Original Source

Topik Menarik