Loading...
Loading…
Ribuan Honorer Nakes Demo di Gedung Sate, Tuntut Diangkat ASN

Ribuan Honorer Nakes Demo di Gedung Sate, Tuntut Diangkat ASN

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Republika | Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:13

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Ribuan honorer tenaga kesehatan (nakes) dan non nakes pada fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Jawa Barat melakukan aksi demonstrasi di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Kantor Gedung Sate, Bandung, Jumat (5/8/2022). Mereka menuntut untuk diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Ya harapan kami terkait dengan masalah PP nomor 49 tahun 2018 tentunya kami non-ASN nakes dan non-nakes yang bekerja di fasyankes pemerintah baik di puskesmas maupun rumah sakit untuk diakomodir semuanya dan diangkat sebagai ASN," ujar Ketua Forum Komunikasi Honorer Fasyankes Jabar Suhendri, Jumat (5/8/2022).

Ia menuturkan pada 2023, honorer akan dihapuskan oleh karena itu pihaknya meminta agar seluruh nakes dan nonnakes diangkat menjadi ASN. Mereka yang terlibat dalam aksi berasal dari wilayah di Jawa Barat.

"Itu banyak ya, perwakilan kabupaten kota se-Jabar seperti ada Sukabumi, Karawang, Bekasi, Tasik, Cianjur, dan yang lainnya," katanya.

Ia mengatakan pihaknya terus melakukan konsolidasi termasuk beraudiensi dengan pemangku kepentingan. Namun, sejauh ini belum menghasilkan apapun untuk kepentingan mereka.

"Ini seluruh Jabar itu jumlahnya keseluruhan dari estimasi kami itu sekitar puluhan ribu tenaga honorer dan yang datang ke sini itu ada sekitar 10 ribu," katanya.

Merekaakan beraudiensi dengan perwakilan provinsi Jawa Barat dan berharap terdapat solusi. Sebab, banyak tenaga honorer yang berstatus pegawai tidak tetap non-ASN bahkan pekerja harian lepas.

"Jadi sampai saat ini kami intinya masih mendapatkan upah atau honor di bawah layak. Insya allah kami akan terus berjuang," katanya.

Original Source

Topik Menarik