Makkah Diguyur Hujan Usai Keberangkatan Kloter Terakhir Jamaah Haji RI ke Madinah

Makkah Diguyur Hujan Usai Keberangkatan Kloter Terakhir Jamaah Haji RI ke Madinah

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 05:11
share

MAKKAH - Makkah diguyur hujan pada malam hari sekira pukul 22.30 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 02.30 Waktu Indonesia Barat (WIB). Pada saat turun hujan, suhu di Makkah mencapai 34 derajat celcius.

Hujan mengguyur kota Makkah saat malam tasyakuran petugas Daerah Kerja (Daker) Makkah usai keberangkatan kloter terakhir jamaah haji Indonesia gelombang kedua embarkasi Solo (SOC 43) ke Madinah pada Kamis (4/8/2022) sore.

Jamaah haji kloter 43 embarkasi SOC 43 menjadi kloter terakhir keberangkatan dari Makkah ke Madinah. Sebanyak 360 jamaah didorong dari sektor 4 Jarwal di Hotel Kiswah, Makkah.

Malam tasyakuran digelar di sektor 4, Jarwal di Hotel Kiswah selepas shalat Maghrib. Kemudian diisi doa bersama, shalat Isya berjamaah hingga ramah tamah dengan makan malam bersama sebagai ungkapan syukur karena telah menyelesaikan tugas sebagai petugas Daker Makkah melayani para jamaah.

"Alhamdulillah seluruh petugas bisa melaksanakan tugas sampai dengan akhir pelayanan. Kita harapkan semua jamaah merasa puas selama di Mekkah," ujar Kepala Daerah Kerja Makkah Mukhammad Khanif.

Khanif menambahkan, dengan diberangkatkannya jamaah haji kloter terakhir SOC 43 menandai berakhirnya operasional Daker Makkah. Kini operasional pelayanan jamaah haji terfokus di Madinah.

"Operasional pelayanan Daker Makkah berakhir hari ini," kata Khanif.

Awalnya hujan rintik-rintik membasahi kepala para petugas haji dalam acara tasyakuran yang penuh rasa kehangatan. Lamban laun, intensitas hujan cukup deras dan sekaligus menandai berakhirnya malam tasyakuran.

"Alhamdulillah hujan, ini berkah," sebut salah satu petugas Daker Makkah.

Hujan di Makkah tidak berlangsung lama, kurang lebih sekira 20 menit. Namun, di beberapa wilayah Makkah lainnya, hujan sangat deras.

Perlu diingat, hujan di Makkah selama pelaksanaan ibadah haji 2022 tidak pernah terjadi. Jamaah haji hanya merasakan panasnya Makkah. Bahkan sempat menyentuh suhu 46 derajat celcius.

Namun, beberapa hari terakhir ini, cuaca di Makkah cukup bersahabat. Tidak terlalu panas dan suhu udara sekitar 34-38 derajat celsius.

Baru pada malam hari ini, kota Makkah diguyur hujan deras meski tidak berlangsung lama.

Topik Menarik