Candi Peninggalan Majapahit Muncul di Depan Rumah Warga, Ternyata Dulu Dikeramatkan

Candi Peninggalan Majapahit Muncul di Depan Rumah Warga, Ternyata Dulu Dikeramatkan

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 18:05
share

JAKARTA, iNews.id - Selalu ada hal menarik yang bisa dijelajahi di Sidoarjo, Jawa Timur. Terutama jika Anda singgah ke Desa Pamotan, Kecamatan Porong.

Di sini, ada pemandangan aneh, candi kuno berdiri megah di depan rumah warga. Ya, bangunan kuno tersebut adalah Candi Pamotan 1. Candi ini tampak terlihat biasa saja, tapi siapa sangka, dahulu pada zaman Kerajaan Majapahit, candi ini sangat dikeramatkan.

Lantas, seperti apa keunikan dari candi ini dan asal usul kenapa muncul di depan rumah warga? Berikut ulasannya dirangkum melalui Channel YouTube Cakra Panorama, Kamis (4/8/2022).

Candi tersebut muncul di depan warga, tepatnya di Desa Pamotan, Kecamatan Porong, Sidorajo. Bangunan ini kemudian dinamakan Candi Pamotan.

Dulunya candi ini terpendam di tanah. Kemudian digali pemilik tanah. Akhirnya keluar candi megah peninggalan dari Majapahit, ujar pemilik akun Cakra Panorama.

Menurut dia, candi ini terlihat unik karena dikelilingi kolam. Tepat di tengah-tengah kolam ada bangunan candi. Kemungkinan candi ini dulunya sanggar pemuja atau lumbung padi di masa Kerajaan Majapahit.

Terlihat candi yang terbuat dari batu bata kuno itu tersusun rapi. Di bagian sampingnya terdapat ornamen yang bagus. Dulunya, candi pamotan ini merupakan peninggalan raja majapahit dan berusia ratusan tahun, kata dia

Selain dikelilingi ornamen yang unik, di tengah bagian kolam terdapat lubang yang menjorok ke dalam. Bagian atas candi sudah tidak berbentuk, tapi bawahnya utuh. Lubang yang menjorok ke dalam tapi belum tahu fungsinya apa, kata dia.

Juru kunci yang menjaga Candi Pamotan, Lili mengatakan, awal mula dia menemukan candi ini saat ingin mencari arca. Awalnya nemu arca tahun 1974. Kemudian tahun 1976 arca dibeli orang Surabaya. Setelah itu tahun 1977 mau cari arca lagi tapi gak nemu. Tapi nemu Candi Pamotan, kata Lili.

Dia menjelaskan, awal mula candi ini hanya berupa gundukan tanah. Kemudian digali sampai lebar dan dalam untuk mencari arca, tapi hasil nihil dan menemukan candi. Akhirnya dari pihak purbakala diekskavasi pada 1982.

Kemudian diekskavasi tahun 1982. Lalu saya melihara sejak 1982 sampai 2017, kemudian candi dipagari pohon hidup, kata Lili.

Candi Pamotan 1 dikelilingi oleh kolam yang diberi ikan mas oleh penduduk sekitar. Candi Pamotan 1 berukuran panjang 4,8 m, lebar 4,8 m, dan tinggi 2,5 m. Bagian atas candi runtuh total dan hanya tersisa bagian dasar candi. Hanya tumpukan batu bata merah dikelilingi lubang persegi panjang yang tergenang jika terjadi hujan.

Topik Menarik