Baku Tembak Taliban-ISIS Pecah di Kabul, 5 Tewas

Baku Tembak Taliban-ISIS Pecah di Kabul, 5 Tewas

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 17:45
share

KABUL Sedikitnya lima orang tewas dalam baku tembak yang terjadi di Ibu Kota Afghanistan , Kabul. Seorang pejabat Taliban mengatakan para korban termasuk dua polisi Taliban dan tiga orang bersenjata kelompok ISIS .

Juru bicara Taliban untuk kepala polisi Kabul, Khalid Zadran, mengatakan polisi telah melancarkan operasi terhadap tempat persembunyian orang-orang bersenjata itu, menewaskan sedikitnya tiga orang di lingkungan Karti Sakhi di Kabul barat. Dia mengatakan orang-orang bersenjata itu adalah anggota kelompok Negara Islam.

Tidak ada klaim tanggung jawab segera.

"Salah satu petugas polisi yang tewas adalah seorang wanita," kata Zardan seperti dikutip dari Al Araby , Kamis (4/8/2022).

Dia mengatakan empat polisi Taliban terluka dan satu pria bersenjata ditangkap.

Afiliasi regional ISIS, yang dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan, telah meningkatkan serangan terhadap masjid dan kelompok minoritas di seluruh Afghanistan. Kelompok ini telah beroperasi di negara itu sejak 2014.

ISIS dipandang sebagai tantangan keamanan terbesar yang dihadapi Taliban sebagai penguasa di negara itu. Sejak Taliban merebut kekuasaan di Kabul dan di tempat lain di negara itu Agustus lalu, Taliban telah melancarkan tindakan keras terhadap markas besar ISIS di Afghanistan timur.

Baku tembak hari Rabu terjadi di dekat kuil Sakhi di lingkungan minoritas Syiah di mana orang-orang sibuk mempersiapkan liburan Ashura yang akan datang. Asyura adalah hari ke 10 Muharram, bulan pertama dalam kalender lunar Islam.

(ian)

Topik Menarik