Seluruh Jamaah Haji Aceh Telah Kembali ke Tanah Air

Seluruh Jamaah Haji Aceh Telah Kembali ke Tanah Air

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 3 Agustus 2022 - 12:45
share

IHRAM.CO.ID,BANDA ACEH -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh menyebut seluruh jamaah haji asal daerah itu yang berjumlah 1.998 orang telah kembali ke Tanah Air. Jamaah haji Aceh terbagi dalam enam kelompok terbang (kloter).

Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Debarkasi Aceh Tajri bin Yakub mengatakan jamaah haji Aceh yang terakhir tiba di Tanah Rencong yakni kloter enam yang berjumlah 62 orang. "Jamaah haji kloter enam tiba pada Senin (1/8/2022) sekitar pukul 21.21 WIB di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar," kata Tajri, Senin malam.

Ia mengatakan dari 2.022 jamaah haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi, hanya 1.998 jamaah yang kembali ke Tanah Air. Sedangkan empat jamaah lainnya meninggal dunia di Arab Saudi.

Menurut Tajri, pada proses pemulangan jamaah haji tahun 2022, Bandara SIM menerima kedatangan 1.567 jamaah dari Bandara King Abdul Aziz (JED), Jeddah. Sementara sisanya, 451 jamaah diberangkatkan melalui Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

"Alhamdulillah, fase pemulangan jamaah haji Aceh tahun ini telah selesai. Kita sudah menerima kepulangan 1.998 jamaah dari Arab Saudi," katanya.

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh Yusri mengatakan dalam jamaah kloter enam tidak terdapat jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit. "Alhamdulillah, jamaah kloter enam dalam kondisi baik semua, tidak ada yang kita rujuk ke rumah sakit," kata Yusri.

Saat ini, kata Yusri, ada satu jamaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA), yakni S binti B (39 tahun) dari kloter lima asal Aceh Besar karena lemah dan penurunan kondisi pascakemoterapi. Sementara jamaah kloter dua asal Aceh Tenggara yang juga dirujuk ke RSUDZA, Rabu (27/7/2022) lalu, dilaporkan meninggal dunia pada Senin (1/8/2022) pukul 15.00 WIB.

"Saat masih ada satu jamaah kloter lima yang dirawat di RSUDZA," katanya.

Topik Menarik