Bocoran BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk Rekening

Bocoran BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Masuk Rekening

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 2 Agustus 2022 - 17:17
share

JAKARTA Bocoran BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp1 juta akan dicairkan. Pencairan BLT subsidi gaji akan dilakukan saat semua prosedur dan syarat sudah rampung.

Anggaran BLT subsidi gaji 2022 mencapai Rp8,8 triliun. Dengan target 8,8 juta pekerja yang akan mendapatkan BLT subsidi gaji Rp1 juta. Salah satu syarat mendapatkan BLT subsidi gaji adalah pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Kementerian Ketenagakerjaan saat ini mempersiapkan seluruh instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022. Hal ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa program ini dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, cepat dimaksudkan agar BSU dapat segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh. Tepat bermakna sesuai dengan sasaran penerima, serta sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

"Sedangkan akurat didasarkan pada data yang bisa dipertanggungjawabkan, dan akuntabel sesuai dengan tata kelola yang benar," katanya di Jakarta belum lama ini, dikutip Selasa (2/8/2022).

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan beberapa hal antara lain merampungkan regulasi teknis BSU, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kemenkeu.

"Serta yang tidak kalah penting adalah mereview data calon penerima BSU 2022 bersama BPJS Ketenagakerjaan, dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku Bank Penyalur," kata Ida.

Sebelumnya, BLT subsidi gaji dikabarkan akan cair pada bulan April 2022 atau sebelum Lebaran. Hal ini mengundang pertanyaan bagi pekerja yang menanti pencairan BLT subsidi gaji Rp1 juta.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, saat ini penyaluran BLT subsidi gaji atau BSU masih dimatangkan, bagi dari segi data penerima hingga proses penyalurannya.

"Kalau sudah siap semua, kita segera salurkan. Kalau sudah selesai regulasi dan data calon penerima maka langsung disalurkan," kata Anwar kepada Okezone di Jakarta.

Pihaknya ingin menyalurkan BLT subsidi gaji tepat sasaran. "Cepat, tepat dan tata kelolanya baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya," ujarnya.

Sementara itu, akun Instagram Kemnaker menjelaskan kepada netizen perihal kapan BLT subsidi gaji cair.

"Saat ini @kemnaker sedang mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel ya," tulis akun @kemnaker.

Topik Menarik