Apa Sebenarnya Kepemimpinan Itu?

Apa Sebenarnya Kepemimpinan Itu?

Gaya Hidup | netralnews.com | Selasa, 2 Agustus 2022 - 13:51
share

JAKARTA - Bila kita membicarakan tentang apa saja yang berhubungan dengan kepemimpinan atau leadership , akan banyak sekali kita jumpai tentang definisi yang menguraikan apa arti dari kepemimpinan itu. Secara umum, kepemimpinan dikenal juga sebagai sebuah cara atau bahkan seni dari bagaimana melaksanakan peran sebagai seorang yang berada dalam posisi memimpin.

John C Maxwell, seorang penulis kenamaan Amerika yang terkenal dengan banyak buku-bukunya tentang kepemimpinan, telah membantu banyak orang awam untuk dapat dengan mudah mengerti apa arti dari kepemimpinan atau leadership . John C Maxwell mengatakan dengan tegas dan gamblang, " Leadership is influence nothing more, nothing less. " Kepemimpinan adalah "memengaruhi", tidak lebih dan tidak kurang.

Apa yang diutarakan oleh John C Maxwell tersebut dalam rangka membantu banyak orang yang akan memulai mempelajari atau menghayati segala sesuatu tentang leadership . Membantu dengan memberikan sebuah pengertian sederhana dari apa yang dimaksud dengan kepemimpinan.

Berangkat dari pengertian tentang leadership yang diutarakan dengan sederhana sebagai "memengaruhi", maka langkah berikutnya yang harus dipahami adalah bagaimana dapat "mengerti" orang lain terlebih dahulu.

Logika yang terbangun di sini adalah sebuah kegiatan yag bertujuan memengaruhi orang lain tentu saja harus dimulai dengan kemampuan untuk dapat mengerti orang lain terlebih dahulu.

Dalam konteks kemampuan mengerti orang lain, John C Maxwell mengegaskan, " The ability to understand people is one of the greatest assets anyone can ever have. " Maksudnya adalah kemampuan untuk dapat mengerti orang lain akan menjadi aset terbesar bagi setiap orang untuk dapat memilikinya.

Pada langkah yang bertujuan untuk dapat memiliki kemampuan mengerti orang lain, kiranya dibutuhkan perubahan yang signifikan dari kita sendiri untuk memulainya. Dari sinilah, kegiatan rutin kita sehari-hari selama ini harus disesuaikan dengan arah ke mana target yang kita inginkan dalam mencapai tujuan itu.

Penyesuaian yang dilakukan untuk pencapaian tujuan yang kita inginkan pasti dengan sendirinya akan membuahkan perubahan dari kegiatan sehari-hari yang selama ini dilakukan. You\'ll never change your life until you change something you do daily.

Dengan berubahnya kegiatan harian yang difokuskan untuk memperolah kemampuan dalam hal mengerti orang lain, maka kiat berikutnya adalah usaha untuk memengaruhinya. Sangat masuk akal bahwa bila kita ingin memengaruhi orang lain tentu saja harus dimulai dengan kemampuan untuk mengerti orang lain terlebih dahulu.

Dengan demikian, upaya memengaruhi orang lain dapat tercapai karena sudah bermodalkan kemampuan mengerti orang lain. Itu sebabnya, sukses akan dapat diraih dengan cara antara lain melakukan perubahan dalam kegiatan sehari-hari. Sukses memang membutuhkan perubahan rutinitas keseharian dari seseorang yang berada dalam posisi memimpin. " The secret of your success is found in your daily routine ".

Semoga Anda juga dapat meraih sukses dalam memimpin yang pada intisarinya adalah memengaruhi. Kemampuan mengerti orang lain akan memudahkan seseorang dalam usaha untuk memengaruhi, sedangkan upaya dalam meraih kemampuan untuk mengerti orang lain dapat diperoleh dengan cara mengubah rutinitas keseharian. Sukses memang dengan mudah dapat terlihat dari atau sebagai refleksi atas kegiatan hari-hari Anda. Salam sukses!


Catatan:

Dikutip dari buku Chappy Hakim, 2017, 100 Artikel Chappy Hakim , hlm 254-256

Topik Menarik