Jangan Kebanyakan Onani dan "Ena-Ena" , Ini Dampaknya Menurut Dr Boyke!

Jangan Kebanyakan Onani dan "Ena-Ena" , Ini Dampaknya Menurut Dr Boyke!

Gaya Hidup | netralnews.com | Senin, 1 Agustus 2022 - 16:21
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi kamu yang masih jomblo dan belum menikah, mungkin sempat terlintas pertanyaan "apakah aman sering melakukan onani?" Atau mungkin kamu yang sudah jadi pasangan suami istri yang hobi hubungan intim, mungkin pernah terlintas pertanyaan "apakah boleh hubungan seks keseringan?".

Seksolog dr Boyke Dian Nugraha SpOG, MARS mengatakan, melakukan onani itu menyehatkan. Catatannya, mereka yang melakukan onani itu belum menikah dan tidak melakukannya terlalu sering.

"Misalnya kaya minum obat, sehari tiga kali. Sedangkan sperma diproduksi tiga hari," kata Dokter Boyke, dikutip dari cuplikan Samara TV, Senin (1/8/2022).

Dokter Boyke menilai, onani masih aman dilakukan pada rentang waktu seminggu dua kali. Pasalnya kalau setiap hari, bisa sebabkan sakit dan daya tahan tubuh menurun.

"Kalau sampai tiap hari (onani), nonton blue film, nonton yang begituan, kepengen terus. Itu bisa sebabkan sakit dan daya tahan menurun," kata pria berkacamata itu.

Meski demikian, sperma pada orang yang belum menikah memang harus dikeluarkan menurut beberapa penelitian. Sedangkan mereka yang sudah menikah, bisa dengan melakukan hubungan suami istri.

"Kalau sudah menikah lebih baik hubungan suami istri. Kalau keseringan onani, nanti nggak terlalu doyan sama istri, doyannga sama genggaman tangan," kata dia.

Tetapi menurut Dokter Boyke, hubungan suami istri yang keseringan juga tidak terlalu baik. Meski onani dan hubungan suami istri berbeda, karena menggunakan perasaan, tetapi sama dengan onani, hubungan seks juga tidak boleh terlalu sering dilakukan.

Misalnya saja sehari 10 kali dan setiap sekali hubungan seks memerlukan energi 150-200 kalori. Kalau sehari membutuhkan sekitar 2000 kalori dan asupan makan bisa tidak seimbang.

"Akibatnya jadi lemes, nggak konsen dan nggak produktif dalam bekerja," kata Dokter Boyke.

Ada juga yang sehabis hubungan intim bawaannya lapar, kemudian makan. Ada yang makannya banyak sekali hingga berdampak pada kegemukkan.

Topik Menarik