Waspada! Kebiasaan Mandi Berikut Picu Serangan Jantung, Stop Melakukannya!

Waspada! Kebiasaan Mandi Berikut Picu Serangan Jantung, Stop Melakukannya!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 1 Agustus 2022 - 14:55
share

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, penyakit yang satu ini disebut sebagai silent killer yang wajib diwaspadai.

Serangan jantung dipicu oleh berhentinya kerja jantung sehingga darah gagal untuk dipompa ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti gaya hidup tertentu.

Salah satunya adalah berkaitan dengan kebiasaan mandi. Ternyata ada kebiasaan mandi tertentu yang tanpa disadari dapat menjadi faktor risiko terjadinya serangan jantung.

Kamu harus tahu bahwa mandi air dingin saat cuaca panas kurang baik bagi tubuh, khususnya bagi penderita jantung. Air dingin menyebabkan pembuluh darah berkontraksi dan mengakibatkan aliran darah dalam tubuh jadi terhambat.

Untuk menyeimbangi kondisi ini, jantung akan berdetak lebih cepat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa terjun ke air dingin saat cuaca panas meningkatkan risiko serangan jantung. Bahkan, individu muda yang sehat dan bugar dapat menjadi korban.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan langsung mandi air dingin saat cuaca dan suhu tubuh sedang tinggi, yah.

Topik Menarik