Loading...
Loading…
DItanami Pohon Buah Warga Siborongborong Happy Terima SK Hutan Adat

DItanami Pohon Buah Warga Siborongborong Happy Terima SK Hutan Adat

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | RM ID | Minggu, 31 Juli 2022 - 00:06

Masyarakat adat Nagasaribu Onan Harbangan, Pohan Jae Kecamatan Siborongborong resmi menerima SK hutan atau tanah adat. Lahan tersebut, nantinya harus ditanami pohon berbuah yang dinilai lebih berpotensi meningkatkan income keluarga.

Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan saat menghadiri syukuran masyarakat adat Nagasaribu Onan Harbangan, Pohan Jae Kecamatan Siborongborong atas terbitnya Surat Keputusan Bupati Taput Nomor 07 Tahun 2022 tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat naga saribu Siharbangan seluas 2.291,83 HA dan diikuti terbitnya SK Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang penetapan status hutan adat seluas 1.586 HA.

Nikson mengatakan, bahwa keberadaan masyarakat hukum adat di Taput, dapat digambarkan antara ada dan tiada, yang mana secara formal belum ada ketentuan Perundang -undangan yang mengukuhkan keberadaan mereka.

Melihat kondisi tersebut, pastinya diperlukan payung hukum sebagai dasar untuk pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat hukum adat, ujar Bupati dikutip Sabtu (30/7).

Berdasarkan aturan adat, hutan Adat dikelola secara Komunal,tidak sendiri sendiri maka kita mengimbau hutan tersebut ditanami pohon berbuah yang dinilai lebih berpotensi meningkatkan income keluarga. Dan tahun in kita akan membuat jalan hotmix sepanjang 1 kilometer, ucap Bupati

Perwakilan Tokoh Adat/Masyarakat, Viktor Simanjuntak mengucapkan banyak terima kasih kepada stakeholder yang berperan terwujudnya SK tersebut.

Terkhusus kepada Bupati yang telah menyerahkan SK Tanah/Hutan Adat kepada kami,saya atas nama masyarakat Naga Saribu sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih banyak, ucap Viktor.

Senada dikatakan perantau asal Naga Saribu, Bosar Simanjuntak yang juga mengucapkan hal yang sama.

Dalam acara syukuran ini, saya mewakili Anak Rantau dari Naga Saribu mengucapkan terima kasih atas atensi bapak Bupati yang telah menerbitkan tersebut,ini membuktikan bahwa bapak betul betul peduli dan pro terhadap rakyat ujar Bosar.

Sementara Anggota DPRD Taput, Maradona Simanjuntak mengapresiasi langkah Pemkab Tapu atasterbitnya SK Bupati dan SK Kementerian. Ini adalah perjuangan bersama, tandasnya.

Original Source

Topik Menarik