Catat! Ini Saran Ahli Gizi Pilih Minuman Kemasan Dingin untuk si Kecil

Catat! Ini Saran Ahli Gizi Pilih Minuman Kemasan Dingin untuk si Kecil

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 29 Juli 2022 - 23:25
share

JAKARTA Anak kecil yang menyukai atau sering minum air dingin atau es adalah hal bisa. Ini bukan kebiasaan buruk, lantaran makanan dan minuman yang dingin akan berubah suhunya menyesuaikan dengan suhu dalam tubuh dalam waktu singkat begitu melewati kerongkongan.

Sesuai tabel Angka Kecukupan Gizi Tahun 2019, kecukupan air per hari anak usia 6-11 bulan sebanyak 900 ml, 1-3 tahun sebanyak 1150 ml, 4-6 tahun sebanyak 1450 ml, dan 7-9 tahun sebanyak 1650 ml. Kecukupan air tersebut sudah termasuk air mineral, kandungan air pada buah atau makanan minuman lainnya.

"Sejatinya, anak yang sudah berusia lebih dari setahun boleh mengonsumsi minuman dingin. Bahkan untuk bayi di atas 6 bulan yang sudah dikenalkan makan atau minum selain ASI, jika sedang tumbuh gigi, dianjurkan pula menggigit atau mengunyah sesuatu yang dingin seperti buah untuk mengurangi nyerinya," kata Nuril Farah Dhiya, S.TR.GZ, ahli gizi yang bertugas di Puskesmas Jagakarsa, Jakarta.

Tentu saja dengan memperhatikan tekstur sesuai kemampuan daya cerna bayi. Namun, pada bayi 6-11 bulan para ibu masih perlu mempertimbangkan penting atau tidaknya memberikan minuman atau makanan dingin.

Sementara, minuman kemasan dingin sering kali menjadi dilema para orang tua, terlebih anak-anak sangat suka minuman beraneka rasa. Karena itu, para orang tua harus cerdas memilihkan minuman kemasan sehat dan baik untuk anak.

Misalnya saja Pino Es Serut Buah. Produk besutan PT United Family Food ini aman dikonsumsi anak karena terbuat dari bahan berkualitas, higienis, dan memiliki aneka rasa buah-buahan yang menyegarkan. Sehingga dapat membantu membangkitkan mood anak menjadi lebih baik.

Selain itu, para ibu dapat pula berkreasi dijadikan smoothie, es campur, ataupun es teler. Sangat praktis dan mudah dibuat di rumah. Untuk anak yang kurang menyukai minum air, dapat pula membuat minuman dingin alternatif dalam botol bertutup rapat berupa infused water yaitu air yang diberikan potongan potongan buah, minuman ini bisa dijadikan sebagai solusi masalah tersebut.

Caranya, cukup kombinasikan beberapa buah-buahan yang disukai anak-anak. Misalnya jeruk, apel, kiwi, atau pir. Perpaduan dari dua atau tiga jenis buah-buahan itu menghasilkan rasa yang unik dan enak.

"Supaya makin enak, simpan infused water di kulkas agar rasanya lebih menyegarkan, tidak disarankan menyimpan infused water lebih dari 24 jam ya, baiknya konsumsi setelah 2 jam disimpan dalam kulkas, karena semakin lama menyimpan maka kandungan gizi buah akan rusak dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan," tandasnya.

Topik Menarik