Baznas Buka Program Beasiswa Ma`had Aly untuk Kalangan Tidak Mampu

Baznas Buka Program Beasiswa Ma`had Aly untuk Kalangan Tidak Mampu

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 29 Juli 2022 - 18:45
share

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran Program Beasiswa Cendekia Ma\'had Aly tahun 2022 bagi kalangan keluarga tidak mampu.

Pimpinan Baznas RI Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani menyampaikan pesan kepada para mahasantri agar jangan pernah merasa minder dan rendah.

"Harus optimis bahwa \'saya\' bisa berbuat untuk umat ini, dan ke depan saya harapkan para mahasantri bisa menjadi duta-duta Baznas yang sesungguhnya, memiliki tugas mulia, bisa menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang mengawal negara Republik Indonesia," tuturnya dikutip dari Antara, Jumat (29/7/2022).

"Untuk itu kita buka peluncuran program Beasiswa Ma\'had Aly dengan Bismillahirrahmanirrahim, mari kita luruskan niat, amanah dan tetap istiqomah," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, orang yang menggeluti ilmu agama memiliki keunggulan yang luar biasa.

"Anda semua termasuk kuntum khoiro ummah, para mahasantri calon pemimpin umat, pemimpin masa depan sekaligus menjadi monumen hidup dan duta Baznas ke depan," katanya.

Ma\'had Aly merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (Tafaquh Fiddin) berbasis pada kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Saat ini terdapat di 48 Kampus Ma\'had Aly sesuai Keputusan Menteri Agama no. 598/2020 tentang Hasil Penilaian dan Evaluasi Mahad Aly yang tentu perlu dipastikan penguatan bagi para mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Ma\'had Aly Indonesia, KH Nur Hannan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Baznas yang telah berkenan memberikan program beasiswa sejak 2021.

Ia menambahkan, upaya Baznas dalam memberikan program beasiswa cendekia Ma\'had Aly ini adalah kontribusi nyata untuk menjawab problem kelangkaan kaderisasi kyai dan ulama yang saat ini dihadapi oleh umat Islam Indonesia.

"Mudah-mudahan program Beasiswa Cendekia Baznas Ma\'had Aly tetap berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang, semoga seluruh jajaran pengurus Baznas RI diberikan kesehatan diberikan keberkahan oleh Allah SWT," tuturnya.

Topik Menarik