Punya Banyak Manfaat, Ini 4 Buah yang Disarankan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil, Jangan Diskip Moms!

Punya Banyak Manfaat, Ini 4 Buah yang Disarankan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil, Jangan Diskip Moms!

Gaya Hidup | herstory | Jum'at, 29 Juli 2022 - 10:30
share

Selama masa kehamilan, buah adalah salah satu asupan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin lho Moms karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral.

Selain itu, mengkonsumsi buah saat awal kehamilan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, seperti mengurangi keluhan sembelit yang sering terjadi selama masa kehamilan.

Melansir halaman alodokter, berikut jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk ibu hamil muda:

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan asam folat dan sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk membantu dalam mendukung perkembangan saraf janin. Selain itu, potasium dalam alpukat sangat membantu dalam mengurangi gejala mual di pagi hari yang sering terjadi selama trimester pertama kehamilan.

2. Pepaya

Pepaya matang sangat aman untuk ibu hamil. Pepaya matang kaya akan nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil seperti vitamin A, B, C, asam folat dan serat. Dengan mengonsumsi pepaya secara rutin, ibu hamil juga dapat terhindar dari sembelit yang sering terjadi selama kehamilan.

Namun, pepaya mentah tak dianjurkan untuk ibu hamil, karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi rahim.

3. Jeruk

Jeruk juga merupakan salah satu buah yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil karena banyak mengandung vitamin C dan folat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat dalam membantu penyerapan zat besi, serta berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sedangkan kandungan air dalam jeruk dapat mencegah dehidrasi saat hamil.

4. Mangga

Mangga merupakan buah yang baik dikonsumsi saat hamil karena mengandung banyak vitamin C dan A. Kedua vitamin ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah diare dan infeksi saluran pernapasan pada bayi.

Tapi ingat bahwa buah harus dicuci bersih terlebih dahulu di keran sebelum dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kuman dan kotoran, termasuk toksoplasma yang dapat membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan.

Selama awal kehamilan, konsumsilah buah-buahan yang berbeda untuk ibu hamil muda seperti yang disebutkan di atas. Jika perlu, tanyakan kepada dokter kandungan apa saja pilihan buah lain yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Nah, itulah diatas beberapa buah yang disarankan untuk ibu hamil muda.

Topik Menarik