Loading...
Loading…
Kadernya Dukung Anies, Giring PSI Ngaku Belum Tentukan Capres: Kami Tegak Lurus Tunggu Rembuk Rakyat

Kadernya Dukung Anies, Giring PSI Ngaku Belum Tentukan Capres: Kami Tegak Lurus Tunggu Rembuk Rakyat

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | populisid | Jumat, 29 Juli 2022 - 10:21

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan belum menetapkan calon presiden (Capres) 2024. Penentuan akan dilakukan setelah Polling Rembuk Rakyat berakhir pada November 2022.

Kami di PSI tetap tegak lurus menjalankan amanat partai termasuk penentuan capres 2024 dalam Rembuk Rakyat , kata Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha dalam keterangan tertulis yang diterima Populis.id , Jumat (29/7/2022).

Sebagai informasi, PSI menggelar polling rembuk rakyat untuk menyerap aspirasi masyarakat mengenai Capres 2024.

Adapun terdapat sembilan nama yang dianggap ideal menjadi Capres 2024. Mereka yakni Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Andika Perkasa, Ridwan Kamil, Tito Karnavian, Najwa Shihab, Sri Mulyani, dan Emil Dardak.

PSI yakin, sembilan sosok tersebut adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan, kata Giring.

Menurutnya, sembilan nama tersebut diperoleh setelah para pengurus dan kader PSI menemui para tokoh muda, guru, akademisi, dunia usaha, tokoh agama, tokoh adat, dan orang-orang yang dianggap mewakili rakyat.

Dia mengatakan bahwa sembilan nama itu semua bukan kader PSI. Meski demikian, sekarang dan nanti, PSI selalu siap jika salah satu kadernya diminta untuk mengabdi dalam posisi lain di pemerintahan.

Kami memiliki banyak kader muda potensial, berbakat, serta berprestasi yang siap memenuhi panggilan tugas negara. Tentunya dengan kualifikasi mengikuti tantangan yang saat ini dihadapi presiden, kata Giring.

Ia menambahkan, Sebagai contoh, penunjukan Bro Raja Juli Antoni selaku Wakil Menteri ATR/BPN, kami pandang sangat tepat sebagai pasangan Pak Hadi Tjahjanto untuk memenuhi penugasan Presiden Jokowi terkait reformasi agraria dan maraknya mafia tanah yang saat ini terjadi di masyarakat.

Diketahui bahwa hasil polling rembuk rakyat PSI menunjukkan Ganjar Pranowo unggul sebanyak 47,19 persen dari delapan nama lainnya.

Disusul oleh Erick Thohir dengan perolehan suara 24,10 persen, Ridwan Kamil 6,29 persen, Andika Perkasa 5,39 persen, Emil Dardak 4,97 persen, Najwa Shihab 4,91 persen, Sri Mulyani 3,70 persen, Mahfud MD 2,32 persen, dan Tito Karnavian 1,13 persen.

Sebelumnya, kader PSI Surya Tjandra menyatakan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai Capres 2024.

"Lebih condong ke Pak Anies Baswedan. Hasil kerja beliau sudah teruji baik," ujar Tjandra kepada wartawan, Kamis (28/7).

Menurut mantan Wakil Menteri ATR/BPN ini, Anies Baswedan adalah sosok alternatif di tengah meningkatnya sentimen negatif masyarakat terhadap kondisi perekonomian saat ini.

"Pilihan Capres dari fakta dan kombinasi sentimen. Kita juga harus realistis melihat kondisi saat ini. Itu yang harus kita coba dalami dan telusuri lebih lanjut," ungkapnya.

Original Source

Topik Menarik