Loading...
Loading…
Ajaib, 3 Herbal Ini Ampuh Atasi Gula Darah Tinggi, Diabetes Langsung Melipir Moms

Ajaib, 3 Herbal Ini Ampuh Atasi Gula Darah Tinggi, Diabetes Langsung Melipir Moms

Gaya Hidup | herstory | Jumat, 29 Juli 2022 - 09:55

Apakah Moms mengidap diabetes? Jika iya, maka Moms wajib menjaga kadar gula darah tubuh. Pasalnya, menjaga kestabilan gula darah menjadi kunci utama agar badan tetap selalu sehat meski mengidap diabetes.

Untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti terapkan pola makan sehat, minum obat penurun gula darah, dan mencoba pengobatan alternatif secara herbal.

Berikut ini beberapa obat herbal yang ampuh atasi gula darah tinggi, antara lain:

1. Daun sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang turut dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk diabetes. Sebuah penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Researc h pada tahun 2017 menunjukkan hasil, bahwa ekstrak daun sirsak diketahui mengandung polifenol dan flavonoid.

Polifenol dan flavonoid tersebut bersifat antihiperglikemik, artinya dapat mengurangi laju pemecahan gula dari makanan menjadi lebih sederhana. Ekstrak daun sirsak berpotensi dapat mengendalikan kadar gula darah pada pasien diabetes

Manfaat daun sirsak sebagai tanaman obat diabetes bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Merebus daun sirsak dengan tanaman herbal lainnya, lalu tambahkan madu ke dalam air rebusannya. Selain itu, bisa mengonsumsi suplemen daun sirsak.

2. Bawang merah

Penelitian yang diungkap di jurnal Environmental Health Insights yang melibatkan pasien diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 menunjukkan, bahwa makan bawang merah mentah 100 gram per hari dapat menurunkan gula darah.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa bawang merah mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Oleh sebab itu, ahli menduga bahwa bawang merah dapat dijadikan obat herbal bagi pengidap diabetes dengan meningkatkan kadar insulin serta membantu proses penurunan kadar gula darah.

3. Jahe

Penelitian yang terangkum jurnal Complementary Therapies in Medicine memperlihatkan jahe mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c. Hasil dari penelitian tersebut dilakukan pada 88 pasien diabetes yang mengonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama 8 minggu.

Khasiat jahe sebagai obat herbal diabetes tidak hanya itu saja. Jahe diketahui dapat mencegah peradangan yang menyebabkan komplikasi mata serta penyakit jantung akibat diabetes.

Namun, hasil studi mengenai manfaat jahe sebagai obat alami diabetes masih terbatas.

Original Source

Topik Menarik