Cegah Penularan Cacar Monyet, Dokter Sarankan Hindari One Night Stand

Cegah Penularan Cacar Monyet, Dokter Sarankan Hindari One Night Stand

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 29 Juli 2022 - 09:40
share

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, sebagian besar kasus dalam wabah cacar monyet berkembang di antara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki alias pria gay.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (27/7/2022) saat briefing menyarankan anggota komunitas gay untuk membatasi paparan virus dengan mengurangi jumlah pasangan seks mereka dan mempertimbangkan kembali hubungan seks dengan pasangan baru.

cacar monyet

"Ini adalah wabah yang dapat dihentikan jika negara, komunitas, dan individu memperingatkan diri mereka sendiri, mengambil risiko dengan serius dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghentikan penularan dan melindungi kelompok rentan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah mengurangi risiko paparan. Itu berarti membuat pilihan yang aman untuk diri sendiri dan orang lain, terangnya.

"Untuk pria yang berhubungan seks dengan pria, untuk saat ini, mengurangi jumlah pasangan seksual Anda, mempertimbangkan kembali hubungan seks dengan pasangan baru dan bertukar rincian kontak dengan pasangan baru untuk memungkinkan tindak lanjut, jika diperlukan," lanjutnya.

Dr. Demetre Daskalakis, pejabat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS yang menangani penanggulangan cacar monyet, mengatakan kepada CNN, cacar monyet tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual, tetapi kebanyakan orang yang tertular di AS baru-baru ini melaporkan beberapa tingkat aktivitas seksual. Itu bisa termasuk penetrasi serta seks oral.

Daskalakis juga memiliki saran yang sama dengan Tedros. "Sejalan dengan panduan pengurangan dampak buruk, sebaiknya pria gay mengurangi jumlah pasangan dan menghindari kontak seksual dengan pria asing alias one night stand, guna mengurangi risiko paparan, terangnya.

"Secara realistis, kontak kulit-ke-kulit dapat menularkan cacar monyet, tetapi apa yang kami lihat adalah, Anda harus ikut mencegahnya, tambahnya.

Virus menyebar terutama melalui kontak fisik kulit-ke-kulit, tetapi juga dapat ditularkan dengan menyentuh benda-benda seperti seprai atau handuk yang mungkin telah digunakan oleh seseorang dengan cacar monyet, serta melalui interaksi tatap muka yang sangat dekat seperti berciuman.

Topik Menarik