Loading...
Loading…
Tanpa Disadari, Sederet Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Mudah Lupa, lho!

Tanpa Disadari, Sederet Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Jadi Mudah Lupa, lho!

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | JournalSociolla | Jumat, 29 Juli 2022 - 09:01

Terdengar sepele, tetapi lupa akan hal-hal kecil itu kadang bikin geregetan. Mulai dari lupa meletakkan kunci, lupa membalas pesan, atau bahkan tiba-tiba lupa akan sesuatu padahal baru direncanakan beberapa detik berlalu. Meskipun lupa adalah hal yang normal, tetapi ada beberapa kebiasaan yang ternyata dapat memperburuk kondisi ingatanmu, lho. Melalui artikel berikut, Beauty Journal akan memaparkan beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa bikin kamu jadi semakin pelupa. Scroll down!

Kurang tidur

Kebiasaan Mudah Lupa

Seperti yang kamu tahu, tidur memang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan daya ingat. Nah, saat kamu kurang tidur dalam jangka waktu yang lama, maka kebiasaan ini bisa memengaruhi kemampuanmu untuk mengingat, bahkan kesulitan untuk mempelajari hal-hal baru . The Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa agar memiliki jam tidur yang berkualitas sekitar 7 -9 jam setiap malam.Jika sebelumnya kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, ada baiknya untuk berusaha tidur lebih lama sesuai durasi yang dianjurkan.

Multitasking

Kebiasaan Mudah Lupa

Ketika seseorang melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking , maka ada kemungkinan jika orang tersebut akan mengalami kurang fokus yang bisa memengaruhi daya ingat. Mengerjakan berbagai tugas pada saat yang sama sebenarnya dapat menyebabkan berkurangnya produktivitas dan lebih banyak kelupaan, kata Julia Kogan, psikolog kesehatan.

Meskipun multitasking bermanfaat, khususnya dalam efisiensi jam kerja, tetapi hal hal ini cenderung tidak efektif dan tidak maksimal.

Pikiran yang tidak diasah

Kebiasaan Mudah Lupa

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi pelupa adalah dengan merangsang otak. Mulai dari mempelajari hal-hal baru, bermain game, membaca, hingga aktivitas lain yang dapat mengajak otak untuk berpikir. Nah, jika kamu akhir-akhir ini kurang mengasah otak karena tidak semangat beraktivitas, mulai sekarang coba biasakan untuk lebih aktif melakukan hal-hal kecil supaya tidak mudah lupa, ya.

Jarang olahraga

Kebiasaan Mudah Lupa

Olahraga penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk memori, kata Valentina Dragomir, seorang psikoterapis. Yup, salah satu manfaat olahraga adalah untuk meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu melindungi sel-sel otak.

Berdasarkan penelitian dari University of California, aktivitas olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki ringan, serta tai chi selama 10 menit, ternyata dapat memengaruhi fungsi otak dan memori . Tidak ada kata terlambat, yuk, mulai olahraga teratur mempertajam daya ingat.

Berada di lingkungan yang berantakan

Kebiasaan Mudah Lupa

Malas merapikan meja kerja dan tempat tidur karena sibuk bekerja? Eits, lingkungan berantakan ternyata bisa memengaruhi memori otak, lho. Sebaiknya, perbaiki kebiasaan ini dengan merapikan atau membuat catatan yang terorganisir setiap hari. Tak dipungkiri, meletakan benda-benda dengan rapi serta membuat jadwal secara perlahan akan membuat ingatan kita jadi semakin terasah.

Pola makan yang kurang seimbang

Kebiasaan Mudah Lupa

Selain berdampak negatif bagi tubuh, mengonsumsi makanan kurang bergizi, seperti junk food , rupanya juga bisa memengaruhi daya ingat pada otak, lho. Sebagai solusi, Harvard Medical School menyarankan untuk menerapkan pola makan seimbang untuk meningkatkan fungsi otak, seperti makan sayur dan buah yang mengandung serat, protein dari ikan, buah beri, dan kacang kenari.

Original Source

Topik Menarik