Loading...
Loading…
Busui Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Pare Ketika Mengasihi Si Kecil, Auto Bikin ASI Deras Moms!

Busui Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Pare Ketika Mengasihi Si Kecil, Auto Bikin ASI Deras Moms!

Gaya Hidup | herstory | Jumat, 29 Juli 2022 - 08:45

Sayuran hijau dengan cita rasa pahit bernama pare ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Padahal, sebagian besar orang bahkan tak menyukai rasa dari sayuran tersebut.

Selain itu, ternyata pare dipercaya dapat memberikan manfaat bagi ibu yang tengah menyusui.

Pare sendiri adalah tanaman yang tumbuh di beberapa bagian di benua Afrika, Asia dan Amerika Selatan. Tanaman pare ini dapat tumbuh mirip dengan mentimun dengan bagian kulitnya yang bergerigi.

Umumnya banyak orang yang mengonsumsi pare sebagai makanan dan juga obat-obatan tradisional.

Tak hanya sampai di sini saja, pare juga dipercaya dapat memberikan manfaat bagi ibu yang sedang hamil karena ini dapat memberikan nutrisi selama fase kehamilan.

Pasalnya, dalam pare mengandung banyak zat seperti vitamin, seng, magnesium, niasin, zat besi, kalium, mangan dan asam pantotenat.

Dirangkum dari Halodoc, inilah tiga manfaat penting pare bagi ibu menyusui.

1. Tingkatkan Produksi ASI

Agar ibu menyusui dapat menghasilkan ASI dalam jumlah yang cukup dan lancar, maka perlu mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang.

Adapun beberapa makanan yang harus dipenuhi di antaranya yakni sayuran, buah, ikan dan susu. Salah satu sayuran yang baik bagi ibu menyusui adalah pare.

Pasalnya, kandungan zat likopen dalam pare ini dipercaya dapat merangsang produksi ASI lebih banyak. Akan tetapi, pare sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang normal dan dicampur dengan makanan lainnya agar nutrisi dapat terpenuhi dengan baik dan seimbang.

Meskipun, masih perlu dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat pare ini.

2. Memenuhi Kebutuhan Folat

Pare juga baik dikonsumsi bagi ibu menyusui karena mengandung asam folat yang dapat memenuhi kebutuhan harian bayi. Sementara itu, folat atau vitamin B9 sangatlah penting untuk perkembangan otak bayi.

Oleh karena itu, setiap ibu yang tengah menyusui sebaiknya mengonsumsi pare dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Kemudian perlu diingat, ibu juga harus mengonsumsi pare yang sudah matang bukan yang dalam keadaan mentah.

Pasalnya, jika sayuran pare ini dipercaya dapat menyebabkan gula darah menurun dan membuat wanita menjadi tak bertenaga.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pare ternyata juga mengandung sumber vitamin C yang baik dan dengan mengonsumsinya akan membuat tubuh ibu lebih kuat serta sistem kekebalan tubuh meningkat.

Hal ini pun juga berdampak baik bagi kesehatan buah hati dan sebagian besar nutrisi yang ibu dapat dari makanan, juga akan didapatkan sang bayi dari ASI.

Tentunya ini akan membuat sistem imunitas buah hati lebih kuat dan tak mudah sakit.

Namun sekali lagi, ibu harus mengonsumsi pare dalam jumlah yang wajar karena terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti diare, mual, dan nyeri perut.

Nah, itulah tiga manfaat pare bagi para ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Original Source

Topik Menarik