Hapus Aturan DMO/DPO, Mendag Zulhas Temui Pengusaha Sawit

Hapus Aturan DMO/DPO, Mendag Zulhas Temui Pengusaha Sawit

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 26 Juli 2022 - 17:59
share

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ( Mendag Zulhas ) mengatur jadwal pertemuan dengan pengusaha sawit guna membahas rencana penghapusan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) crude palm oil/CPO dan turunannya.

"Saya lagi agendakan untuk pertemuan daring. Kita akan rapat, nanti pelaku-pelaku usaha akan diatur sama Sekjen, asal komitmennya kuat, ada kesepakatan, yang penting gentelment agreement. Karena repot juga dagang minyak diatur, diadmistrasikan, salah dihukum repot juga," ujar Mendag Zulhas di sela-sela pelepasan ekspor baja di Cikarang, Selasa (26/7/2022).

Sebelumnya, Mendag Zulhas mengatakan, bahwa dirinya akan mempertimbangkan untuk mencabut kebijakan DMO dan DPO crude palm oil/CPO karena pasokan CPO domestik telah tumpah ruah dan sekaligus agar mempercepat realisasi ekspor.

Kendati demikian, Zulhas menegaskan, ia akan betul-betul memastikan dulu kepada pihak pengusaha dan menerima jaminan bahwa mereka konsisten memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sehingga perihal kapan rencana itu di putuskan, Zulhas belum dapat pastikan.

"Saya ingin dapat jaminan dari kawan-kawan pengusaha. Kalau itu terjamin, kita komit bareng-bareng, nggak terulang lagi seperti yang lalu, kita pertimbangkan DMO dan DPO kita relaksasi, jadi kita bebaskan sementara," jelasnya saat kunjungan di Pasar Cibinong, Bogor, Jumat (22/7/2022).

Topik Menarik