Puluhan Pembatik Cilik Cptakan Karya Batik Tulis

Puluhan Pembatik Cilik Cptakan Karya Batik Tulis

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 26 Juli 2022 - 17:39
share

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 87 siswa-siswi yang memiliki minat dan bakat dalam membatik untuk berkarya menghasilkan produk batik tulis yang berkualitas dengan semangat untuk melestarikan budaya batik khas daerah setempat.

Para siswa siswi binaan yang tergabung dalam Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari ini memamerkan hasil karya batik tulis yang di peragakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022.

Puluhan siswa siswi lintas sekolah ini merupakan binaan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR), yang ditujukanuntuk menciptakan keberlangsungan kecakapan hidup serta pelestarian budaya batik di lingkup daerah.

Mereka tergabung dalam Komunitas Pembatik Cilik di Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul.

Program ini merupakan kelanjutan dari program Komunitas Pembatik Cilik di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul yang telah lebih dahulu memulai kegiatannya pada akhir tahun 2021 yang lalu.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan YPA-MDR telah memulai melakukan pembinaan pilar kecakapan hidup membatik untuk guru-guru dan siswa-siswi di Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta sejak sekitar tahun 2007-2008.

Kami berharap bahwa siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga dapat terus mengasah kecakapan hidup serta kepercayaan diri yang dapat menjadi bekal bermanfaat untuk masa depan mereka dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerahnya ujar Herawati dalam keterangannya..

Topik Menarik