Loading...
Loading…
Letak Astronomis dan Geografis Indonesia serta Pengaruhnya

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia serta Pengaruhnya

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Selasa, 26 Juli 2022 - 14:19

JAKARTA, iNews.id - Inilah letak astronomis dan geografis Indonesia yang perlu untuk diketahui. Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada pada posisi strategis yang digambarkan dari letak geografis dan letak astronomis Indonesia.


Letak geografis adalah letak suatu negara atau wilayah yang dilihat dari kenyataannya di bumi dan menentukan pula letak posisi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Sedangkan letak astronomis adalah letak suatu daerah berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya.

Berikut ini penjelasan tentang letak astronomis dan letak geografis Indonesia, serta bagaimana pengaruhnya.

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia

Pada sisi astronomis, Indonesia terletak pada dua garis imajiner, yakni garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis yang membagi struktur bumi menjadi dua bagian sama besar, antara bagian utara dan selatan.

Garis lintang ini sejajar dengan garis khatulistiwa (equator) yang membentang dari kutub selatan ke kutub utara. Sementara garis bujur adalah garis yang membelah bumi secara horizontal, dari barat ke timur.

Secara astronomis letak Indonesia berada pada koordinat 6 derajat LU (Lintang Utara) - 11 derajat LS (Lintang Selatan) dan 95 derajat BT (Bujur Timur) - 141 derajat BT (Bujur Timur).

Letak astronomis Indonesia ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga pembagian waktu dalam tiga zona. Yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Berikut pembagian daerah di Indonesia berdasarkan zona waktunya:

-WIB: Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah
-WITA: Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi
-WIT: Maluku, Papua

Dari pembagian tersebut dapat disimpulkan perbedaan waktu antara WIB dan WITA adalah 1 jam, WITA dan WIT 1 jam, WIB dan WIT 2 jam.

Selain itu, letak Indonesia yang berada di di sepanjang garis Khatulistiwa membuatnya memiliki iklim tropis. Wilayah negara dengan iklim tropis akan memperoleh sinar matahari sebagai pusat tata surya sepanjang waktu.

Letak Geografis Indonesia

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudra. Yakni Benua Asia dan Benua Australia serta diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Kemudian, wilayah Indonesia berada di daerah pertemuan dua rangkaian pegunungan muda, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Hal ini menyebabkan wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api dan merupakan daerah rawan gempa.

Letak Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudra ini membuat Indonesia menjadi jalur perlintasan internasional, baik laut maupun udara. Posisi strategis Indonesia ini memberikan keuntungan tersendiri dalam perkembangan ekonomi Indonesia.

Lebih lanjut lagi, letak geografis Indonesia juga turut mempengaruhi kondisi iklim yang disebabkan oleh angin musim. Indonesia dilalui hembusan angin muson (monsoon) yang membawa perbedaan musim di Indonesia.

Sekitar bulan Oktober hingga April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik yang menyebabkan terjadinya musim hujan. Sementara pada bulan April hingga Oktober, angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia yang menyebabkan terjadinya musim kemarau.

Nah, itulah ulasan mengenai letak astronomis dan geografis Indonesia beserta pengaruh nya.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{