Empat Gelandangan Ditembak Seorang Pria di Depan Ruko, Tiga Tewas

Empat Gelandangan Ditembak Seorang Pria di Depan Ruko, Tiga Tewas

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 26 Juli 2022 - 10:59
share

OTTAWA, iNews.id - Suara tembakan terdengar di depan sebuah rumah toko (ruko). Tembakan itu dilasatkan dari senjata yang dibawa seorang pria ke arah empat tunawisma atau gelandangan.

Akibatnya, empat gelandangan bersimbahan darah dengan luka tembak di tubuh mereka. Tiga tewas, sedangkan satu luka parah dengan kondisi kritis dan dibawa ke rumah sakit. Selain ketiga gelandangan, pelaku juga tewas ditembak polisi.

Peristiwa penembakan brutal ini terjadi di Langley, pinggiran Kota Vancouver, Provinsi British Columbia, Kanada, Senin (25/7/2022) pagi. Polisi mengatakan aksi penembakan dimulai sekitar Minggu (24/7/2022) tengah malam.

Dalam peristiwa itu empat orang ditembak oleh pria seorang pria bersenjata. Dua pria ditemukan tewas. Sementara seorang pria dan wanita terluka. Namun satu korban yang semula kritis kemudian tewas. Sedangkan korban wanita dirawat di rumah sakit.

Petugas kepolisian Vancouver yang mengetahui aksi penembakan itu segera mengejar pelaku. Sejumlah petugas terlibat baku tembak dengan pria yang menghabisi gelandangan tersebut. Petugas lantas menembak mati pelaku di lokasi kejadian.

Kami masih menyelidiki untuk menentukan apakah pria bersenjata itu bertindak sendiri (atau bersama orang lain). Penyelidikan sedang berlangsung. Indikasinya, tidak ada orang lain yang terlibat (dalam aksi penembakan brutal itu) dan tidak ada ancaman lebih lanjut terhadap keselamatan publik, kata Kepala Inspektur Ghalib Bhayani dari pasukan Royal Canadian Mounted Police (RCMP) regional saat konferensi pers.

Polisi menggambarkan sosok tersangka sebagai pria kulit putih dengan pakaian terusan dan kaus oblong. Penembak dan para korban telah diidentifikasi tetapi polisi belum merilis informasi itu.

Sementara itu, Reuters melansir, penembakan terjadi setidaknya di lima lokasi berbeda di seluruh Kota Langley. Polisi telah meminta masyarakat untuk tetap berada di luar sejumlah area, termasuk tempat parkir kasino dan halte bus.

Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan darurat untuk beberapa penembakan. Korban para gelandangan di wilayah Langley. Namun, Sersan David Lee dari tim investigasi pembunuhan RCMP mengaku tidak dapat memastikan bahwa para korban adalah gelandangan.

Petugas masih berusaha untuk menentukan apakah para korban memiliki hubungan dengan pria bersenjata itu. Seorang saksi mata Reuters melihat dua SUV hitam, mirip dengan yang digunakan oleh tim tanggap darurat polisi, di parit dekat salah satu lokasi penembakan.

Satu kendaraan memiliki lubang peluru di kaca depan. Penembakan jauh lebih jarang terjadi di Kanada daripada di Amerika Serikat. Kanada memiliki undang-undang senjata yang lebih ketat daripada tetangga selatannya. Orang Kanada diizinkan memiliki senjata api selama mereka memiliki lisensi.

Salah satu penembakan massal terburuk di Kanada terjadi pada 2020. Seorang pria bersenjata yang mengendarai mobil polisi palsu dan menembak 13 orang dan membunuh sembilan lainnya dalam kebakaran yang dia lakukan di Portapique, Nova Scotia.

Topik Menarik