Loading...
Loading…
Senam untuk Penderita Hipertensi, Ampuh Turunkan Tekanan Darah

Senam untuk Penderita Hipertensi, Ampuh Turunkan Tekanan Darah

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Genpi | Selasa, 26 Juli 2022 - 06:34

GenPI.co Kepri - Senam merupakan salah satu cara bagi penderita hipertensi untuk turunkan tekanan darah. Tapi senamnya tidak sembarangan. Simak selengkapnya.

Agar tekanan darah dapat berkurang dengan baik, maka senam harus dilakukan dengan rutin. Setidaknya dalam waktu satu hingga tiga bulan jika dilakukan rutin maka akan terasa dampaknya.

Berikut ini aneka senam yang bisa dilakukan bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah .

1. Senam aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu jenis dari olahraga aerobik. Adapun olahraga aerobik lainnya, seperti jalan cepat, joging, bersepeda , atau berenang.

Senam aerobik berkaitan dengan kerja jantung. Aktivitas fisik ini mengontrol jumlah oksigen yang masuk ke otot yang dapat membantu membakar kalori serta meningkatkan detak jantung.

Detak jantung yang meningkat dapat pula meningkatkan pemompaan darah ke seluruh tubuh.

Senam aerobik merupakan serangkaian gerak yang diiringi dengan musik. Biasanya senam ini dipandu oleh instruktur dan peserta senam tinggal mengikuti gerakannya.

Bagi penderita hipertensi, senam aerobik yang dianjurkan, yaitu low-impact aerobic atau senam aerobik yang dilakukan dengan intensitas ringan.

Senam aerobik sebaiknya dilakukan secara rutin, paling tidak 30 menit setiap hari. Dengan senam aerobik yang rutin, jantung Anda akan semakin kuat dan tekanan darah Anda akan semakin terkontrol.

2. Senam irama

Senam irama menggunakan irama musik untuk mengiringi gerakannya. Senam irama atau yang juga disebut dengan senam ritmik merupakan perpaduan antara seni dan olahraga , dengan adanya unsur dansa atau balet.

Senam irama bisa dilakukan tanpa alat atau dengan alat. Alat yang sering digunakan, yaitu tongkat, bola, pita, atau alat lainnya.

Senam irama membutuhkan kelenturan, kelincahan, dan kekuatan tubuh dalam setiap gerakannya. Oleh karena itu, berlatih senam irama secara rutin dapat menjaga keburagan tubuh bagi penderita hipertensi.

3. Senam lantai

Senam lantai tidak diiringi dengan musik. Sebagaimana namanya, senam lantai dilakukan sepenuhnya di atas lantai dengan menggunakan alas matras.

Senam lantai dapat meningkatkan aktivitas fisik penderita hipertensi tanpa perlu menggunakan banyak energi.

Olahraga ini pun bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran fisik dan kemampuan gerak serta meningkatkan kekuatan, kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan tubuh.

Gerakan senam lantai biasanya terdiri dari berguling, melompat, bertumpu pada tangan atau kaki untuk menjaga keseimbangan serta gerakan lainnya.

Sebaiknya lakukanlah senam lantai bersama dengan instruktur agar dapat melakukan gerakan dengan tepat untuk menghindari cedera. (Hellosehat)

Simak video menarik berikut:

Original Source

Topik Menarik