Mata Bintik-bintik Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi, Segera Cek ke Dokter

Mata Bintik-bintik Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi, Segera Cek ke Dokter

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 24 Juli 2022 - 08:08
share

SERANG Tubuh membutuhkan kolesterol, sejenis lemak, agar berfungsi dengan baik. Namun, memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda dapat berdampak negatif terhadap kesehatan.

Kolesterol tinggimerupakan faktor risiko yang diketahui untuk masalah kesehatan yang parah, mulai dari penyakit jantung hingga stroke. Ditandai dengan kurangnya tanda-tanda peringatan, kolesterol tinggi sering digambarkan sebagai kondisi diam.

Namun, membiarkan kadar tidak terdeteksi dapat membahayakan kesehatan kardiovaskular Anda. Salah satu indikator kolesterol tinggi dalam darah Anda bisa jadi eye floaters. Demikian seperti dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Floaters adalah bintik-bintik dalam penglihatan Anda dan biasanya terlihat seperti spek hitam atau abu-abu atau jaring laba-laba yang melayang ketika Anda menggerakkanmata. Bintik-bintik gelap atau garis-garis dalam penglihatan Anda (floaters) adalah gejala oklusi vena retina. Retina, jaringan peka cahaya di belakang mata Anda, menerima suplai darah melalui arteri retina dan vena retina.

Ketika vena tersumbat, itu disebut oklusi vena retina. Ketika vena tersumbat, darah dan cairan tumpah ke retina. Ketika ini terjadi, area retina yang disebut makula bisa menjadi bengkak. Pembengkakan mempengaruhi penglihatan sentral Anda. Kolesterol tinggi sering terjadi pada orang dengan oklusi vena retina.

Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa kolesterol tinggi dua kali lebih umum pada orang dengan oklusi vena retina sentral dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kondisi mata. Gejala lain dari oklusi vena retina termasuk perubahan penglihatan pada satu mata, penglihatan kabur pada satu mata dan nyeri pada mata yang terkena.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda mengalami eye floaters atau tidak, ada beberapa tanda dan gejala yang dapat membantu mengidentifikasi floaters. Floaters dapat mengambil bentuk yang berbeda seperti garis kecil, cincin, bentuk sarang laba-laba atau bentuk tidak beraturan lainnya.

Mereka bisa tampak seperti untaian seperti benang, yang bisa menonjol dan hampir tembus pandang. Mereka juga bisa berupa bintik-bintik gelap atau bintik-bintik yang bergerak saat Anda menggerakkan mata Anda. Saat Anda mencoba mengikuti floaters ini, mereka bergerak cepat keluar dari bidang visual. Eye floaters sering disangga pada latar belakang yang cerah seperti layar, langit biru atau dinding putih. Intensitas, ukuran dan bentuk floaters ini bervariasi dari orang ke orang.

Jika Anda melihat lebih banyak eye floaters dari biasanya, kilatan cahaya di mata atau kegelapan di sisi mana pun dari penglihatan Anda, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Penting untuk dicatat bahwa eye floaters tidak harus merupakan gejala kolesterol tinggi saja. Cara yang paling dapat diandalkan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kolesterol tinggi adalah dengan menjalani tes. Dokter Anda akan mengambil darah dari lengan Anda atau melakukan tes tusukan jari untuk mengetahui kadar kolesterol Anda.

Dari mengubah kebiasaan gaya hidup Anda hingga pengobatan, ada berbagai cara yang dapat membantu menurunkan level Anda. Karena kolesterol dapat disebabkan oleh terlalu banyak makanan berlemak, mengubah pola makan Anda menjadi makanan yang lebih sehat dapat membantu kadar Anda. Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh Anda menyerap kolesterol.

Berolahraga setiap hari memainkan peran besar dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi tersebut. Hindari merokok dan minum dan cobalah untuk memiliki sikap bebas stres. Semua perubahan ini sangat membantu tubuh yang sehat dan diatur kolesterol.

(Red)

Topik Menarik