8 Obat Herbal untuk Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh Tanpa Efek Samping

8 Obat Herbal untuk Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh Tanpa Efek Samping

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 23 Juli 2022 - 10:22
share

JAKARTA Hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan . Selain batuk dan pilek, di musin hujan, radang tenggorokan rentan menyerang.Radang tenggorokan tentu membuat seseorang merasa tak nyaman, karena ondisi ini bisa menyebabkan beberapa gangguan.Misalnya, rasa nyeri saat menelan, demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, bercak kemerahan di langit-langit mulut, serta pembesaran amandel.

Nah untuk mredakannya, radang tenggorokan tak harus diobati dengan obat kimia. Anda bisa mengobatinya dengan obat herrbal , bila engan mengonsumsi obat kimia. Berikut ini delapan obat herbal yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan seperti dilansir KlikDokter:

1. Madu

Madu memiliki efek antibakteri dan anti virus. Menurut studi yang dipublikasikan di Archives of Medical Research pada 2014, madudalam hal ini madu manukaterbukti dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan juga bahwa pemberian madu, baik dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada minuman, terbukti efektif dalam mengurangi produksi lendir sekaligus mengurangi gejala batuk.

2. Lemon

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, sifat asam dari lemon dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Apabila dicampur dengan madu, maka tenggorokan akan terlapisi dan penyakit tersebut akan lebih cepat sembuh.

3. Cuka Apel

Sama seperti lemon, cuka apel memiliki sifat asam. Rasa asam pada cuka apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah radang tenggorokan semakin parah, jelas dr. Valda.

4. Teh Hijau atau Teh Peppermint

Ada beberapa teh herbal yang dapat digunakan untuk meredakan radang tenggorokan, yaitu teh hijau dan teh peppermint. Bila Anda tak suka dengan aroma menyengat dari peppermint, Anda dapat mengonsumsi teh kamomil.

Sebab, teh bunga tersebut dapat bertindak sebagai pelumas pada tenggorokan. Alhasil, suara serak dan masalah sulit menelan pun bisa cepat selesai.

5. Jahe dan Kencur

Jahe maupun kencur memiliki efek anti-peradangan sehingga bisa mengurangi nyeri akibat radang tenggorokan. Untuk jahe, biasanya herbal tersebut diolah menjadi wedang jahe atau teh jahe. Adapun kencur dapat langsung dikonsumsi setelah dikupas dan dipotong, atau dibuat menjadi segelas jamu.

Kencur sendiri dipercaya mampu melegakan saluran pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Mereka yang pekerjaannya sangat bergantung pada kondisi tenggorokan, misalnya penyanyi atau pemain teater, akan menjadikan tanaman rimpang ini sebagai senjata andalan sebelum tampil.

6. Makanan atau Minuman Probiotik

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, ternyata probiotik juga dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan, termasuk tenggorokan!

Bonusnya lagi, probiotik akan meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Adapun beberapa makanan yang mengandung probiotik dan dapat Anda jadikan obat alami radang tenggorokan, yaitu yogurt, tempe, dan kimchi.

7. Daun Sirih Salah satu daun-daunan yang dipercaya bisa jadi obat radang tenggorokan adalah daun sirih. Dijelaskan oleh drg. Callista Argentina dari KlikDokter, daun sirih mengandung antioksidan alami yang bekerja secara dominan sebagai antibakteri. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung zat allylpyrocatechol (APC) yang baik untuk kesehatan mulut.

Mampu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi zat asam yang dihasilkan bakteri jadi spesialisasi daun sirih. Air rebusan herbal yang juga populer di China dan India itu mampu meringankan batuk akibat radang tenggorokan karena kandungan vitamin B, C, serta alkaloid yang bekerja meredakan peradangan.

8. Daun Kremak

Tanaman ini biasanya disebut kremah atau kremo di Jawa dan tolod dalam bahasa Sunda. Daun kremak digunakan sebagai herbal alami untuk mengatasi radang tenggorokan karena memiliki efek anti-peradangan untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

Itu dia obat herbal untuk radang tenggorokan yang dapat Anda manfaatkan. Selama belum terlalu parah, Anda dapat mengandalkan bahan-bahan di atas. Namun, apabila nyeri tak kunjung mereda dan demam hilang timbul terus, segeralah berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

(wur)

Topik Menarik