Ukraina Klaim Sudah 40.000 Tentara Rusia Tewas Selama Invasi

Ukraina Klaim Sudah 40.000 Tentara Rusia Tewas Selama Invasi

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 23 Juli 2022 - 10:05
share

KYIV, PEDOMANMEDIA - Ukraina mengklaim lebih dari 40.000 tentara Rusia tewas sejak invasi. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Jumat (22/7/2022).

Dalam konferensi pers virtual untuk media asing Kuleba juga menyebutkan klaim beberapa pencapaian Ukraina di medan perang.

"Ini hari ke-149 agresi militer Rusia skala penuh di Ukraina, di jantung Eropa. Walau Rusia kehilangan hampir 40.000 tentara, Presiden (Vladimir) Putin terus mencoba menghancurkan Ukraina dengan kekuatan militer," kata Kuleba.

Ia menambahkan, Putin justru terus mengerahkan lebih banyak pasukannya ke medan perang Ukraina vs Rusia. Sebaliknya, masih menurut Kuleba, Ukraina dipimpin oleh Presiden Volodymyr Zelensky terus berjuang demi kelangsungan hidup bangsa dan negaranya.

"Tak seorang pun di dunia mengira kami bisa selamat dari serangan militer terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II."

"Tapi terlepas dari segala rintangan, kami dapat melakukannya. Dalam lima bulan, kami telah membebaskan lebih dari ribuan warga di kota, (tetapi) lebih dari 2.000 orang masih di (wilayah) yang diduduki Rusia," papar Kuleba.

Menlu Ukraina tersebut juga memahami bahwa negaranya membayar harga yang sangat mahal untuk mempertahankan kedaulatan dan kebebasannya.

"Tapi kita tahu bahwa kehilangan mereka harganya akan jauh lebih tinggi."

Di konferensi pers virtual tentang perang Rusia-Ukraina terkini, Kuleba turut memaparkan perkembangan negosiasi damai dan kembali mendesak negara-negara Barat segera mengirim senjata berat yang diperlukan.

Topik Menarik