10 Amalan Sehari-hari agar Rezeki Berlimpah dan Keberkahan Masuk ke Rumah

10 Amalan Sehari-hari agar Rezeki Berlimpah dan Keberkahan Masuk ke Rumah

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 20 Juli 2022 - 10:42
share

AMALAN sehari-hari agar rezeki berlimpah dan keberkahan masuk ke rumah wajib diketahui kaum Muslimin. Bisa dikerjakan sebanyak-banyaknya supaya selalu mendapat segala kebaikan dari Allah Subhanahu wa ta\'ala.

Dikutip dari laman Rumaysho , Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan bahwa rezeki sudah ditakdirkan. Masing-masing orang sudah ada jatah rezekinya 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi sudah tercatat.

Allah Subhanahu wa ta\'ala berfirman:

"Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezeki." (QS An-Nahl: 71)

Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiyallahu anhuma, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (HR Muslim nomor 2653)

Namun, bukan berarti kalau sudah ada takdir rezeki, umat manusia tidak perlu kerja dan berusaha. Setiap Muslim haru tetap berikhtiar mencari nafkah dan sebagainya.

Contohnya, Allah Subhanahu wa ta\'ala memerintahkan selepas Sholat Jumat untuk menyebar ke muka bumi untuk mencari nafkah dari karunia Allah Ta\'ala sebagaimana disebutkan dalam ayat:

"Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS Al Jumu\'ah: 10)

Nah, berikut beberapa amalan yang bisa membuka pintu rezeki:

1. Takwa

Faedah dari takwa adalah akan diberi jalan keluar dan diberikan rezeki dari jalan yang tidak disang-sangka.

2. Tawakal

Faedah dari tawakal adalah akan diberikan kecukupan. Allah Subhanahu wa taala berfirman:

(2) (3)

"Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq: 23)

Takwa itu bisa diperbaiki dengan melihat apakah kita sudah menjalankan kewajiban dan melengkapi dengan amalan sunnah, misalnya memperhatikan shalat lima waktu dan melengkapinya dengan shalat rawatib, tahajud, dan shalat Dhuha.

3. Istikamah

Dalam ayat lain disebutkan keutamaan istiqamah akan dibukakan pintu rezeki berupa hujan dari langit.

"Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap istikamah (berjalan lurus di atas jalan itu, pada jalan agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak)." (QS Al Jin: 1617)

4. Memperbanyak istighfar

Banyak memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta\'ala dengan istigfar. Allah Subhanahu wa taala berfirman:

(10) (11) (12)

"Maka aku katakan kepada mereka: \'Mohonlah ampun kepada Rabbmu (beristighfarlah), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh: 1012)

5. Menjalin silaturahim

Menjalin hubungan dengan orangtua dan kerabat, terutama yang sempat terputus, yaitu menyambung silaturahim. Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa yang suka untuk dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada kedua orangtuanya dan jalinlah hubungan dengan kerabatnya (silaturahim)." (HR Ahmad, 3:229; 3:266. Syekh Syu\'aib Al Arnauth menyatakan hadis ini shahih, sanad hadis ini hasan dari jalur Maimun bin Sayah dan di bawahnya tsiqah)

6. Memperbanyak sedekah

Allah Subhanahu wa taala berfirman:

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS Saba: 39)

Dalam hadis dijelaskan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Allah Ta\'ala berfirman padaku, \'Berinfaklah kamu, niscaya Aku akan berinfak (memberikan ganti) kepadamu\'." (HR Bukhari nomor 4684; Muslim 993)

7. Menikah

Menikah akan membuka pintu rezeki. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa taala:

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS An-Nuur: 32)

Dari ayat tersebut, Ibnu Masud radhiyallahu anhu berkata:

"Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah." (Diriwayatkan dari Ibnu Jarir. Imam Al-Baghawi menyatakan pula bahwa Umar menyatakan seperti itu pula. Lihat Tafsir Al-Quran Al-Azhim, 5:533)

8. Sholat dhuha

Dari Nuaim bin Hammar Al-Ghathafaniy radhiyallahu anhu, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Allah Taala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat sholat pada awal siang (pada waktu dhuha) supaya engkau tercukupi pada akhir siang." (HR Ahmad, 5:286, Abu Dawud nomor 1289, Tirmidzi 475, Ad-Darimi 1451. Syekh Al Albani dan Syekh Syu\'aib Al Arnauth mengatakan hadis ini sahih)

9. Haji dan umrah

Melakukan haji dan umrah sebagaimana disebutkan dalam hadis akan menghilangkan kefakiran (kemiskinan)

10. Perbanyaklah doa

Memperbanyak doa supaya dibukakan pintu rezeki oleh Allah Subhanahu wa ta\'ala. Di antara doa yang bisa dipanjatkan adalah doa yang disebut dalam hadis sebagai doa untuk melunasi utang sepenuh gunung.

Doa dari hadis Ali, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa:

Allahumak-finii bi halaalika an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika amman siwaak .

Artinya: "Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR Tirmidzi nomor 3563. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadis ini hasan)

Allahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik