Loading...
Loading…
Teh Hijau Penurun Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

Teh Hijau Penurun Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Sindonews | Rabu, 20 Juli 2022 - 10:02

JAKARTA Kolesterol tinggi dipercaya banyak orang bisa diturunkan dengan teh hijau . Apakah itu fakta atau mitos semata?

Jawabannya fakta. Banyak studi sudah membuktikan bahwa teh hijau adalah penurun kolesterol tinggi yang cukup ampuh. Bahkan, teh hijau dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung juga.

"Beberapa studi menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida," kata Rebecca Yellin, ahli diet di Montefiore Health System, New York City, Amerika Serikat, dikutip dari Livestrong , Rabu (20/7/2022).

Dijelaskan lebih detail, studi yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi pada September 2020, berisi ulasan dari 31 penelitian dengan lebih dari 3.000 subjek, memperlihatkan dampak positif teh hijau untuk menurunkan kolesterol jahat.

"Teh hijau memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Luar biasanya, konsumsi teh hijau tidak menurunkan kolesterol baik (HDL)," ungkap laporan tersebut.

Ahli Diet Yellin merekomendasikan untuk minum secangkir teh hijau sesekali untuk mendapatkan manfaat tersebut. Rutin minum teh hijau juga terbukti baik bagi jantung. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi suplemen teh hijau.

"Dalam beberapa penelitian, subyek mengonsumsi teh hijau lima kali dalam seminggu. Ini bukan menu yang realistis. Karena itu, setidaknya selipkan teh hijau di menu diet Anda dalam seminggu," tambah Yellin.

Jadi, terbukti bahwa teh hijau penurun kolesterol tinggi. Sudah minum teh hijau hari ini, belum?

(tsa)

Original Source

Topik Menarik