Loading...
Loading…
Pelatih Shin Tae Yong Bongkar Kekuatan Indonesia yang Tak Punya Penyerang Utama, Begini Siasatnya

Pelatih Shin Tae Yong Bongkar Kekuatan Indonesia yang Tak Punya Penyerang Utama, Begini Siasatnya

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Celebrities | Rabu, 20 Juli 2022 - 09:02

JAKARTA, celebrities.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengatakan dirinya mengakali kurangnya persediaan striker lokal berkualitas dengan bermain tanpa penyerang murni.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengatakan bahwa dirinya ingin pemain depan aktif bergerak di daerah lawan.

Sekilas pernyataan Shin Tae Yong mirip dengan apa yang sudah dilakukan pelatih top di Eropa. Sebagai contoh, Pep Guardiola bersama Manchester City kerap bermain tanpa penyerang murni pada musim 2020-2021.

Selain itu pelatih Manchester United, Erik Ten Hag juga sempat mengatakan bahwa dirinya ingin pemain depannya aktif menekan di daerah lawan.Sebagaimana diketahui, stok penyerang berkualitas masih menjadi masalah serius Timnas Indonesia. Pada Piala AFF U-19 2022 silam. Shin Tae Yong bahkan sampai meminta rekomendasi penyerang berkualitas kepada publik sepak bola Indonesia.

Shin Tae Yong kemudian mengakali hal tersebut dengan bermain tanpa penyerang murni. Sebagai contoh, SEA Games 2021 silam, Shin Tae Yong kerap memasang Irfan Jauhari dan Ronaldo Kwateh yang berposisi natural sebagai sayap di posisi penyerang tengah.

Shin Tae Yong mengakui bahwa dirinya memang melakukan hal itu dengan tujuan mengakali kurang tajamnya penyerang lokal.

Pembinaan usia dini seharusnya melahirkan penyerang yang baik, tetapi sampai saat ini hal itu tidak terjadi. Jadi strategi yang saya inginkan itu memang tanpa penyerang utama, kata Shin Tae Yong di podcast Youtube Sport 77 Official, Rabu (20/7/2022).

Sekilas skema yang dijabarkan Shin Tae Yong mirip dengan apa yang ditunjukkan Guardiola bersama Man City. Pada musim 2021-2022, Guardiola kerap memasang Phil Foden yang berposisi natural sebagai gelandang serang di pos penyerang tengah.

Bukan tanpa sebab, Shin Tae Yong mengatakan bahwa dirinya mengidolakan sosok Guardiola. Hal itu disampaikannya dalam podcast bersama pesohor kenamaan, Deddy Corbuzier awal tahun lalu.

Dari pelatih yang digakumi, mungkin dari Man City, Pep Guardiola, kata Shin Tae-yong saat itu.

Shin Tae Yong mengatakan bahwa dirinya menyukai pemain depan yang aktif bergerak di area pertahanan lawan. Pelatih berusia 52 tahun itu meyakini bahwa kemungkinan menang akan semakin besar jika pemain depannya aktif bergerak.

Saya ingin pemain depan harus bisa melakukan pergerakan dan lari dari pada pemain-pemain lawan, ini baru bisa meningkatkan kemungkinan tim bisa menang, kata Shin Tae Yong.

Sekilas perkataannya mirip dengan apa yang disampaikan Erik ten Hag usai membawa Man United menang 3-1 atas Crystal Palace di laga uji coba pramusim pada Selasa 19 Juli 2022. Pelatih asal Belanda itu mengatakan bahwa pergerakan pemain depan di area lawan memperbesar kemungkinan timnya mencetak gol.

Seringkali melihat pemain ofensif, namun kehilangan peluang, itulah yang mereka pikirkan dalam menyerang, yakni energinya, kata Ten Hag di laman resmi klub, Rabu (20/7/2022).

Tetapi mereka menyumpan energi di pertahanan, dan mereka mendapat imbalan dengan mencetak gol, karena mereka mendapatkan bola di area depan lapangan, kata Ten Hag.

Original Source

Topik Menarik

{