Loading...
Loading…
Mesti Tahu! Ini 8 Keuntungan Bangun Pagi Setiap Hari, Nomer 6 Penting Banget!

Mesti Tahu! Ini 8 Keuntungan Bangun Pagi Setiap Hari, Nomer 6 Penting Banget!

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 20 Juli 2022 - 06:55

Biasanya, orang akan malas untuk bangun pagi karena beranggapan bahwa rasa kantuk akan menyerang di siang harinya dan malah mengganggu aktivitas.

Padahal bangun pagi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Bangun pagi sendiri justru akan membuat tubuh semakin sehat.

Melansir laman Eachnight, berikut beberapa manfaat dari kebiasaan bangun pagi bagi tubuh.

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dalam sebuah studi tahun 2010, seseorang yang biasa bangun pagi akan lebih proakif dan berorientasi pada tujuan. Hal ini juga memberikannya keterampilan memecahkan masalah, serta berprestasi di sekolah.

Sementara itu dalam studi lain tahun 2008, mahasiswa yang memproklamirkan diri sebagai "orang pagi" memperoleh nilai penuh lebih tinggi daripada mereka yang begadang.

Hal tersebut karena kurangnya tidur akibat begadang membuat kinerja kognitif memburuk. Kinerja tersebut termasuk memori yang buruk, kesulitan berkonsentrasi dan berpikir, dan perubahan suasana hati.

2. Kualitas Tidur yang Baik

Orang yang terbiasa bangun pagi, biasanya memiliki jadwal tidur yang konsisten. Hal tersebut akan membuat waktu tidurnya menjadi cukup dan berkualitas.

Tidur yang cukup dan konsisten meningkatkan tekanan darah, sistem kekebalan tubuh, fungsi dasar otak, suasana hati, dan memberi waktu untuk tubuh memperbaiki dirinya sendiri.

Sementara itu, orang dengan kebiasaan begadang akan membuatnya bangun terlambat dan mengalami masalah gangguan tidur serta kelelahan.

3. Memiliki Waktu untuk Sarapan

Orang yang bangun siang biasanya lebih terburu-buru jika ingin pergi ke suatu tempat. Hal tersebut yang membuatnya tak punya waktu untuk sarapan sehingga energinya berkurang.

Sementara orang yang bangun pagi akan memiliki waktu lebih luang sehingga bisa sarapat terlebih dahulu. Hal ini dapat memberikan energi pada tubuh setelah sebelumnya terbakar saat malam hari.

Dengan begitu, orang dengan bangun pagi akan menjadi lebih sehat dan memiliki energi yang cukup.

4. Memiliki Waktu Olahraga

Selain sarapan, bangun pagi dapat membuat seseorang memiliki waktu untuk olahraga singkat. Olahraga akan memberikan dampak baik bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Selain itu, berolahraga juga mengurangi risiko penyakit jantung, memperbaiki suasana hati, mengatur gula darah, mengontrol berat badan, meningkatkan fungsi kognitif, dan lain-lain.

5. Baik untuk Suasana Hati dan Kesehatan Mental

Orang yang terbiasa bangun pagi rupanya memiliki pikiran yang lebih posititf. Biasanya orang yanag bangun pagi lebih optimis, menyenangkan, dan teliti.

Karena orang yang terbiasa bangun pagi pandai mengatur waktu tidurnya. Hal tersebut akan membuatnya lebih sehat dan kualitas tidurnya terjaga dengan baik.

6. Mengurangi Stres

Ketika seseorang bangun pagi, akan membuatnya memiliki waktu luang untuk mengerjakan beberapa hal terlebih dahulu. Hal tersebut tak akan membuatnya terburu-buru sehingga menjadi stres.

Selain itu, bangun pagi juga membuat orang tersebut punya waktu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, akan membantunya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

7. Meningkatkan Organisasi dan Produktivitas

Bangun pagi nyatanya akan memberikan seseorang waktu untuk merencanakan berbagai hal yang akan dilakukannya.

Hal tersebut juga yang membuatnya menjadi produktif. Biasanya, orang yang bangun pagi akan melakukan berbagai kegiatan dalam sehari dengan maksimal.

8. Menikmati Waktu Santai

Bangun pagi akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan santai. Hal ini karena orang tersebut dapat menikmati waktu sendiri melakukan berbagai aktivitasnya.

Selain itu, ketika waktu bekerja, pagi hari akan membuat jalanan menjadi sepi sehingga tak terjebak dengan kemacetan. Dengan begitu, bangun pagi akan membantu orang tersebut disiplin dan tepat waktu.

Original Source

Topik Menarik