Cegah PMK, Peternak Pontianak Diimbau Jaga Kebersihan Kandang

Cegah PMK, Peternak Pontianak Diimbau Jaga Kebersihan Kandang

Gaya Hidup | genpi.co | Rabu, 20 Juli 2022 - 00:20
share

GenPI.co Kalbar - Para peternak di Kota Pontianak diimbau untuk ikut mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan menjaga kebersihan kandang ternak masing-masing.

Satgas Operasi Aman Nusa II PMK Polresta Pontianak telah menerbitkan surat imbauan kepada peternak sapi atau kambing agar meningkatkan kesehatan ternak.

Dengan diberikan vitamin atau jamu untuk meningkatkan nafsu makan ternak," ujar Kanit Binmas Polsek Pontianak Kota Iptu Fachrudin, di Pontianak, Senin (18/7).

Peternak juga diminta meningkatkan kebersihan ternak, kualitas pakan, dan tidak memasukkan sapi dari luar daerah, terutama yang terdampak PMK.

"Bila ditemukan gejala PMK pada ternak agar segera berkoordinasi dengan Satgas Ops Aman Nusa II PMK Polresta Pontianak atau mantri hewan atau ternak," katanya.

Menurut Fachrudin, pihaknya telah mendatangi kandang sapi di Jalan Petani,Kota Pontianak, milik Mat Daging untuk mengecek kesehatan ternak dan kondisi kandang.

Ada dua kandang sapi di tempat tersebut dan tidak ditemukan tanda-tanda PMK pada semua ternak.

Petugas kemudian melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kandang untuk mencegah penularan PMK pada sapi.

"Hasil pengamatan kami di kandang Mat Daging, semua dalam kondisi sehat karena beliau selalu menjaga kebersihan kendang, ungkap Fachrudin.

Selain itu, Mat Daging juga tekun dalam perawatan kesehatan dan pemberian makan yang seimbang. (ant)

Tonton Video viral berikut:

Topik Menarik