Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Natuna Naik, Ini Penyebabnya

Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Natuna Naik, Ini Penyebabnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 19 Juli 2022 - 02:42
share

NATUNA Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di Kabupaten Natuna Tahun 2021 naik menjadi 4,95 persen atau hampir 4 ribu jiwa. Sementara hingga Agustus 2021, tingkat pengangguran juga tercatat naik menjadi 5,15 persen atau 2.192 jiwa dari jumlah angkatan kerja sebesar 42.535 jiwa.

Kepala BPS Kabupaten Natuna, Wahyu Dwi Sugianto mengatakan, pandemi COVID-19 berdampak pada melambatnya pertumbuhan ekonomi serta meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan. "Efek dari COVID-19 menurunkan daya beli masyarakat. Namun kalau COVID-19 ini hanya sebagian aja," ujar Wahyu Dwi Sugianto, Senin (18/07/2022).

Selain COVID-19, indikasi penyebab naiknya angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Natuna adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang tersendat. Pasalnya perekonomian di Kabupaten Natuna sangat bergantung pada program pemerintah daerah.

"Anggaran jadi poin utama dalam kegiatan apapun, tergantung penggunaan atau pengelolaan. Tapi kita kan tidak sampai ke situ karena kita melihat hasil evaluasi dan prosesnya agar berjalan lancar," katanya.

"Ini jadi perhatian bupati dan jadi prioritas meski rendah dibandingkan daerah lain. Nanti dalam hal ini, pemda akan melakukan pengentasan kemiskinan," paparnya.

(don)

Topik Menarik