Loading...
Loading…
Cara Mudah Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Simak Tipsnya

Cara Mudah Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Simak Tipsnya

Gaya Hidup | genpi.co | Senin, 18 Juli 2022 - 20:30

GenPI.co Jatim - Ginjal termasuk organ penting pada tubuh manusia. Karena itu penting untuk menjaga ginjal agar tetap sehat.

Fungsi ginjal dapat menyaring zat beracun di dalam tubuh. Menjaga agar tetap sehat itu penting. Berikut tip menjaga ginjal agar tetap sehat.

1. Pola makan sehat

Bagaimana menjaga pola makan sehat? Sebenarnya mudah. Hal yang perlu diketahui adalah penyebab penyakit ginjal adalah darah tinggi dan diabetes.

Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal, seperti buah ceri, sayuran rendah kalium (kol, lobak, dan terong), dan apel.

Hindari makanan yang mengandung lemak dan purin, yakni jeroan. Makanan yang tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat. Hal itu akan dapat menganggu fungsi ginjal.

Selain itu, hindari teralu banyak asupan garam. Terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

Cara lain untuk menjaga ginjal tetap sehat bisa dengan diet rendah protein.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Memenuhi cairan dengan air putih membantu melancarkan proses menyaring darah saat membuang limbah beracun.

Tidak hanya itu, minum air yang cukup dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ginjal dapat menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh.

3. Rutin berolahraga

Semua setuju olahraga rutin dapat menjaga kesehatan. Banyak manfaat yang didapat dari berolahraga, mulai dari mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

4. Tidak sembarang minum obat dan vitamin

Jangan sembarangan meminum obat-obatan. Minum yang sesuai dengan rekomendasi dokter.

5. Berhenti merokok

Kandungan rokok mengandung zat beracun dapat merusak ginjal. Rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah.

Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal.

6. Membatasi minum minuman beralkohol

Efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida.

Jika hal tersebut terjadi, tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi. (Hello Sehat)

Video populer saat ini:

Original Source

Topik Menarik