Hari Pertama Sekolah, Siswa Antusias Ikuti Masa Pengenalan Sekolah

Hari Pertama Sekolah, Siswa Antusias Ikuti Masa Pengenalan Sekolah

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 18 Juli 2022 - 11:41
share

BANDUNG, celebrities.id - Siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung antusias mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) mulai Senin (18/7/2022). Rencananya, siswa baru akan mengikuti MPLS hingga tiga hari kedepan.

Pantauan di SDN 172 Andir Kidul, banyak siswa baru kelas satu diantar orangtuanya ke sekolah. Bahkan mereka datang bersama anggota keluarga lainnya. Tak heran, kondisi arus kendaraan di sekitar lokasi cukup padat. Parkir kendaraan roda dua juga cukup padat di sekitar SPBU.

Sejak pukul 06.00 WIB, SDN 172 Andir Kidul mulai dipadati siswa-siswa baru berseragam putih bersih dan rompi merah. Rani, salah satu orang tua siswa kelas 1.3 datang mengantarkan anak laki-lakinya. Sudah dari dulu ia berencana menyekolahkan anaknya di SDN 172 Andir Kidul.

Antusias juga terlihat dari anaknya yang bernama Nafis. Ia merasa senang bisa bersekolah di sini. Sebab akan punya banyak teman baru. "Kalau sudah dua minggu ada yang kenal, nanti bisa main. Aku suka main layangan. Kemarin kena benang jadi luka," tutur Nafis sambil menunjukkan jarinya yang diplester.

Tepat pukul 07.00 WIB, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) resmi dibuka. Dimulai dengan upacara bersama yang juga turut diikuti seluruh orang tua atau wali murid. Tujuannya agar anak-anak baru tidak merasa takut dan tetap mendapatkan perhatian dari pendampingnya.

Ketua MPLS SDN 172 Andir Kidul, Kamal Ismail mengatakan, beberapa materi yang akan disampaikan pada hari pertama masa MPLS berupa pengenalan guru, staff, dan ruangan yang ada di sekolah.

"MPLS berlangsung tiga hari dari Senin-Rabu. Hari pertama khusus pembukaan dan perkenalan lingkungan sekolah dulu. Di sini termasuk kelas padat," ucap Kamal.

"Total siswa baru Kelas satu ada 168 orang. Per tingkatannya bisa sampai empat sampai rombongan belajar (rombel). Kelas satu sendiri ada enam rombel," katanya.

Sedangkan pada hari kedua terdapat materi tentang tata tertib dan kreasi anak-anak. Para siswa baru akan didampingi untuk membuat jadwal pelajaran dan piket kelas.

"Kemudian, hari ketiga kita fokuskan pada penampilan siswa berprestasi dan ekstrakulikuler (ekskul). Jadi, anak-anak kelas 1 bisa terinspirasi dan memilih ekstrakulikuler apa yang mereka minati," katanya.

Ada beberapa ekskul yang tersedia, seperti renang, futsal, tari, seni musik, pramuka, dan UKS. Masing-masing siswa bisa memilih berapapun ekskul yang mereka ingin ikuti.

"Semua kembali pada minat dan kemampuan anak. Kita tidak membatasi jumlah ekskul yang mereka ikuti. Rata-rata paling banyak ikut tiga ekskul," tuturnya.

Topik Menarik