3 Tips Memilih Makanan Saat Diet agar Cepat Langsing

3 Tips Memilih Makanan Saat Diet agar Cepat Langsing

Gaya Hidup | genpi.co | Sabtu, 16 Juli 2022 - 12:30
share

GenPI.co - Memilih makanan adalah keputusan yang harus diambil untuk semua orang yang sedang menjalankan program diet.

Kunci untuk diet sehat adalah memakan makanan dengan jumlah kalori yang tepat yang sesuai dengan aktivitas, sehingga dapat menyeimbangkan energi yang dikonsumsi dengan energi yang digunakan.

Berikut adalah tips memilihmakanansehatuntukdietagar tubuh kita tetap terjaga dari berbagai penyakit:

Makan banyak buah dan sayuran

Supaya tubuh tetap bugar, dianjurkan setidaknya makan 5 porsi berbagai buah dan sayuran setiap hari. Buah tersebut bisa berupa buah yang segar, beku, kering atau dijus.

Segelas 150ml jus buah, jus sayuran, atau smoothie juga dapat menjadi solusi sebagai 1 porsi untuk menggantimakananyang kurangsehat.

Kurangi lemak jenuh dan gula

Kamu membutuhkan sedikit lemak ketika menjalani programdiet, tetapi penting untuk tetap memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang dimakan.

Ada 2 jenis utama lemak, yakni jenuh dan tidak jenuh. Terlalu banyaklemak jenuhdapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makanan yang mengandung lemak jenuh dan gula seperti potongan daging berlemak, sosis, mentega, keju, krim, dan kue.

Makan lebih sedikit garam

Makan terlalu banyak garam juga dapat meningkatkan tekanan darah. Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin untuk terserang penyakit jantung atau stroke.

Sebenarnya sekitar tiga perempat dari garam yang dimakan sudah ada dalammakanansaat kamu membelinya, seperti sereal sarapan, sup, roti, dan saus. (ayobandung)

Simak video pilihan redaksi berikut ini:

Topik Menarik