Cuaca Ekstrem, Kota Tangerang Dikepung Banjir

Cuaca Ekstrem, Kota Tangerang Dikepung Banjir

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:46
share

TANGERANG Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Tangerang sejak Jumat (15/7/2022) malam hingga kSabtu (16/7) pagi, membuat sejumlah wilayah tergenang banjir. Banyak warga dievakuasi petugas akibat terjebak banjir.

Pemkot Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat telah menangani dan terus memantau kondisi genangan hingga banjir yang terjadi di 19 titik.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara mengungkapkan kondisi banjir disejumlah wilayah saat ini yang memiliki ketinggian sekitar rata-rata 30 centi meter dan terpantau berangsur surut. Diantaranya Kawasan Manis 3 Jatiuwung, Jalan Gempol Raya Kunciran hingga Cimone Mas Permai.

Sedangkan berdasarkan data laporan pukul 04.00 WIB wilayah yang masih tergenang banjir ialah Fly Over Taman Cibodas, Komplek Duren Villa Karang Tengah, Komplek Griya Kencanan Ciledug, Komplek Pinang Griya Permai, Jalan Almaarief Kampung Pojok Petir dan Kampung Candulan Cipondoh dengan ketinggian sekitar 50 hingga 100 cm, ujarnya.

Kata Deni, dalam cuaca ekstrem kali ini juga terjadi pohon tumbang di Jalan Kejaksaan 2, Kreo, Kecamatan Larangan, namun telah selesai ditangani.

Kronologis kejadian, sama-sama diketahui Kota Tangerang diguyur hujan lebat sejak Jumat sore dengan intensitas waktu yang cukup panjang. Ditambah terjadi luapan Kali Ledug, Sabi dan Kali Angke, katanya.

Lanjut Deni, BPDB bersama sejumlah OPD terus melakukan sejumlah penanganan. Diantaranya, koordinasi dengan aparat wilayah hingga relawan, monitoring kondisi lapangan, monitoring perkembangan cuaca dan kemungkinan lainnya, bantuan penyedotan di Panunggangan Utara Pinang, serta menurunkan personil dan perahu di wilayah yang membutuhkan.

Hingga saat ini, tidak ada warga yang dievakuasi namun pasukan Dankar, BPBD, Tagana, PMI dan Kecamatan standby di lokasi antisipasi debit air naik. Serta dibeberapa wilayah telah menyiapkan Posko Darurat, seperti di Masjid Al Irsyad Karang Tengah, Jembatan Ciledug Indah, Mushola Pinang Griya dan di Balai Warga Puri Kartika, jelas Deni.

Sebagai informasi, masyarakat Kota Tangerang dapat menghubungi emergency call canter di 112 atau nomor piket 24 jam BPBD di 021-5582144 untuk mendapat bantuan penanganan atau sekedar melaporkan kondisi di wilayahnya.

(Man/Red)

Topik Menarik