Evaluasi Ibadah Haji, Menteri Agama Yaqut Minta Tahun Depan Persiapan Dilakukan sejak Awal

Evaluasi Ibadah Haji, Menteri Agama Yaqut Minta Tahun Depan Persiapan Dilakukan sejak Awal

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 13 Juli 2022 - 08:57
share

ARAB SAUDI, celebrities.id - Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas beserta delegasi Amirul Hajj, menggelar Rapat Evaluasi penyelenggaraan puncak haji Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Rapat tersebut berlangsung di Kantor Daerah Kerja Makkah, Arab Saudi.

Dalam hal ini, Yaqut Cholil bersyukur proses penyelenggaraan ibadah haji hingga fase Armuzna berjalan dengan lancar. Dia mengapresiasi kinerja petugas dan meminta hal itu dipertahankan sampai akhir penyelenggaraan ibadah haji.

Dia meminta agar persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun mendatang bisa dilakukan sejak awal.

Siapkan penyelenggaraan haji 1444 H sejak awal, kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (13/7/2022).

Yaqut Cholil mencatat sejumlah perbaikan yang perlu dilakukan di masa yang akan datang. Dalam hal ini, dia menyampaikan sejumlah masukan perbaikan saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah.

Kami berdua sepakat untuk meningkatkan kualitas layanan haji yang tahun ini sudah berjalan baik dan akan terus memperbaiki sejumlah kekurangan yang ada, tuturnya.

Menteri Haji Arab Saudi komitmen merespon masukan kita dan karenanya perlu pembicaraan lebih awal terkait dengan ibadah haji tahun depan, tuturnya.

Yaqut menekankan, pentingnya mengupayakan pemenuhan semua fasilitas yang sudah tertera dalam kontrak agar bisa diterapkan secara optimal. Tahun mendatang, mitigasi setiap potensi persoalan, terutama di Arafah dan Mina, perlu dirumuskan secara lebih detail dan operasional.

Saya berharap, simbol-simbol kenegaraan bisa muncul pada petugas dan jemaah haji pada penyelenggaraan tahun mendatang. Para pembimbing ibadah juga harus benar-benar dari pembimbing ibadah yang menguasai ilmu fikih dan ibadah, ujarnya.

Mari bersama berusaha membuat nyaman jemaah. Jika nyaman, jemaah juga merasa aman, tuturnya.

Topik Menarik