Tubuh Sering Merasa Lelah? Coba Mulai Rutin Konsumsi Makanan Fiber Berikut, Yuk!

Tubuh Sering Merasa Lelah? Coba Mulai Rutin Konsumsi Makanan Fiber Berikut, Yuk!

Berita Utama | journal.sociolla.com | Selasa, 12 Juli 2022 - 16:40
share

Sudah cukup tidur, tapi tubuh masih terasa lelah dan lesu. Siapa yang sering merasakan hal ini? Yup , kondisi ini memang sering terjadi dan membuatmu jadi tidak fokus dalam bekerja atau belajar. Well , salah satu cara yang direkomendasikan oleh dokter agar tenagamu tetap maksimal adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan serat atau fiber, kurang lebih 25 gram setiap hari. Nah, beberapa makanan di bawah bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan seratmu, lho. Apa saja makananya? Check this out!

Buah pir

asupan fiber

Pir bisa jadi alternatif buah untuk memenuhi kebutuhan fiber. Buah yang memiliki banyak kandungan air ini memiliki perpaduan rasa manis dan asam. FYI , buah pir ternyata jadi salah satu jenis buah yang diketahui memiliki kadar serat atau fiber yang tinggi.

Dilansir dari laman healthline, satu buah pir memiliki kandungan serat hingga 3.1 gram per 100 gram. Selain kaya akan serat, buah pir juga mengandung flavonoid yang bisa menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Blackberry, Strawberry, dan Raspberry

asupan fiber

Selain buah pir, blackberry, strawberry, dan raspberry juga bisa untuk dikonsumsi secara rutin demi memenuhi kebutuhan serat tubuh setiap harinya. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga dikreasikan menjadi smoothies.

Tak hanya asupan fiber saja, mengonsumsi buah beri secara rutin juga bisa memberi banyak manfaat yang berasal dari vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Alpukat

asupan fiber

Dengan teksturnya yang lembut seperti mentega, alpukat jadi favorit banyak orang karena bisa diolah menjadi beberapa menu. Well , tahukah kamu kalau buah alpukat ternyata memiliki kadar serat yang cukup tinggi?

Jika biasanya alpukat identik dengan "buah diet", buah ini ternyata juga bisa membantu mencukupi nutrisi lain dalam tubuhmu, lho. Seperti serat, vitamin C, potassium, magnesium , vitamin E, dan berbagai jenis vitamin B.

Brokoli

asupan fiber

Saat melihat brokoli, pasti langsung terlintas menu capcai yang lezat. Ternyata, di balik kelezatannya, brokoli jadi salah satu sayuran yang penuh nutrisi. Dilansir dari healthline, setidaknya ada 2.6 gram kandungan fiber di setiap 100 gram brokoli.

Sebuah studi menyebutkan bahwa 5 gram serat brokoli dan kandungan antioksidannya dapat mendukung kesehatan pencernaan, mencegah penyakit jantung, serta menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.

Kacang-kacangan

asupan fiber

Ingin ngemil tanpa rasa bersalah? Coba ganti ke cemilan kacang-kacangan, deh, salah satunya edamame. Menurut sebuah penelitian, setidaknya terdapat 9 gram kandungan fiber pada semangkuk edamame. Selain kaya fiber, kacang-kacangan termasuk edamame juga mengandung antioksidan yang akan membantu tubuh lebih bugar dan tidak muda sakit.

Topik Menarik