Sri Lanka Akan Pilih Presiden Baru pada 20 Juli

Sri Lanka Akan Pilih Presiden Baru pada 20 Juli

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 12 Juli 2022 - 16:17
share

KOLOMBO Juru bicara mengatakan parlemen Sri Lanka akan memilih presiden baru pada 20 Juli mendatang.

Ketua Mahinda Yapa Abeywardena dalam sebuah pernyataan mengatakan parlemen akan berkumpul kembali pada Jumat (15/7/2022) dan akan memilih Presiden baru lima hari kemudian.

"Selama pertemuan para pemimpin partai yang diadakan hari ini, disepakati bahwa ini penting untuk memastikan pemerintahan semua partai yang baru sesuai dengan Konstitusi," terang pernyataan itu.

"Partai yang berkuasa telah mengatakan perdana menteri dan Kabinet siap mengundurkan diri untuk menunjuk pemerintah semua partai, lanjutnya.

Seperti diketahui, pengunjuk rasa menyerbu Istana Presiden Sri Lanka dan Perdana Menteri (PM) Ranil Wickremesinghe. Keduanya pun akhirnya mengatakan akan mundur di tengah krisis ekonomi.

Presiden Gotabaya Rajapaksa, yang telah mengawasi penumpasan kejam pemberontak Macan Tamil sebagai menteri pertahanan, akan mengundurkan diri pada Rabu (13/7/2022). Sedangkan sebelumnya, saudara laki-laki dan keponakannya telah berhenti sebagai menteri ketika Sri Lanka mulai kehabisan bahan bakar, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya dalam krisis terburuk sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1948.

Sementara itu, PM Ranil Wickremesinghe, yang rumah pribadinya dibakar oleh pengunjuk rasa, mengatakan dia akan mundur. Kantor PM mengatakan Rajapaksa telah mengkonfirmasi rencana pengunduran dirinya kepada PM, menambahkan bahwa kabinet akan mengundurkan diri setelah kesepakatan dicapai untuk membentuk pemerintahan semua partai.

Topik Menarik