Gagasan dan Pemikiran Bung Hatta Wujudkan Kemandirian Bangsa

Gagasan dan Pemikiran Bung Hatta Wujudkan Kemandirian Bangsa

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 12 Juli 2022 - 00:17
share

JAKARTA - Salah satu tokoh bangsa yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia adalah Mohammad Hatta . Bersama dengan Presiden pertama Soekarno, jasa Bung Hatta sangat besar dalam membebaskan Indonesia dari tangan penjajah.

Selain dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) bersama Soekarno, Bung Hatta adalah seorang negarawan dan ekonomi. Di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi.

ist

Oleh karena itu, untuk mengenang jasa Bung Hatta sekaligus menyambut Hari Koperasi Ke 75 pada 12 Juli 2022 Dewan Koperasi Indonesia ( Dekopin) mengadakan serangkaian acara peringatan hari koperasi.

Rangkaian acara tersebut dimulai dengan upacara dan ziarah ke makam Bung Hatta sebagai bapak Koperasi Indonesia di Tanah Kusir pada Selasa, 12 Juli 2022.

Ferry Juliantono, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Dekopin yang juga Ketua Dekopin Provinsi DKI Jakarta menyatakan, kedatangan insan koperasi ke makam Bung Hatta untuk memberi penghormatan terhadap jasa-jasanya.

"Bung Hatta kita berikan penghormatan atas jasa-jasanya pada koperasi Indonesia,"ujar Ferry di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Menurut Ferry, gerakan koperasi harus kembali menjadi kekuatan ekonomi rakyat. Untuk memperkuat kembali peran koperasi tentu perlu dukungan semua elemen.

Rakyat kecil lewat koperasi harus berdaya saing untuk pemerataan dan keadilan ekonomi seperti cita-cita Bung Hatta ", pungkas Ferry.

Topik Menarik